Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Foto Gadis 16 Tahun yang Dipenjara 25 Tahun karena Melawan Saat Diperkosa

Rabu, 03 Agustus 2022 - 16:19 | 93.88k
CEK FAKTA: Salah, Foto Gadis 16 Tahun yang Dipenjara 25 Tahun karena Melawan Saat Diperkosa
Tautan artikel menampilkan dua foto perempuan yang tidak berkaitan dengan isi artikel.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial Facebook tentang gadis berusia 16 tahun yang dipenjara selama 25 tahun akibat melawan saat diperkosa. Informasi dengan foto dua perempuan tersebut dibagikan oleh akun Kumpulan sholawat dan murottal pada 18 Juli 2022.

Akun tersebut mengunggah narasi serta tautan artikel situs emak-emak.online yang berjudul “Ya Allah sungguh Miris Melawan Saat DiPerk0s4, Gadis 16 Tahun Terpaksa Habiskan Minimal 25 Tahun Dijeruji”. 

Dalam gambar tautan tersebut terdapat foto dua perempuan yang diklaim sebagai orangnya.

Adapun narasi yang diunggah sama dengan judul artikel, yakni:

Ya Allah sungguh Miris Melawan Saat DiPerk0s4, Gadis 16 Tahun Terpaksa Habiskan Minimal 25 Tahun Dijeruji

cek-fakta-Foto-Gadis.jpgSumber: 
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0PSEFE1UFBJVV16pEZ1ccFoJw7a5mPdYzWf3Savu5ps6B3eGcKQ1z4ZUsWT8ffD8ql&id=112303127177288

Benarkah informasi tersebut

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, informasi tersebut merupakan hoaks lama. Turnbackhoax.id pernah memeriksa klaim serupa dalam artikelnya berjudul [SALAH]: Foto Gadis 16 Tahun Yang Dipenjara Karena Membunuh Pemerkosanya. 

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kedua foto yang dicantumkan pada sampul artikel tersebut merupakan dua orang yang berbeda dan tidak berkaitan dengan kasus perempuan 16 tahun yang dijerat 25 tahun penjara karena membunuh orang yang mau memerkosanya.

cek-fakta-Foto-Gadis-2.jpgSumber: [SALAH]: Foto Gadis 16 Tahun Yang Dipenjara Karena Membunuh Pemerkosanya | Turnbackhoax

Perempuan dalam foto pertama bernama Putri Munawaroh, terdakwa kasus teroris. Foto tersebut dimuat oleh Antara Foto pada 2 Juni 2010 dengan judul Sidang Teroris Solo. 

Putri merupakan istri Susilo Adib. Ia menjadi terdakwa kasus terorisme dan didakwa dengan pasal 9, pasal 13, dan pasal 45 undang-undang terorisme karena menyembunyikan gembong teroris kelas wahid Noordin M Top. 

cek-fakta-Foto-Gadis-3.jpgSumber: SIDANG TERORIS SOLO | ANTARA FOTO

Foto kedua bisa ditemukan di platform berbagi gambar seperti pinterest. Foto tersebut muncul pada topik tentang hijab fashion yang berisi tren hijab yang dikenakan perempuan.

cek-fakta-Foto-Gadis-4.jpgSumber: Hijab Chic | Pinterest

Pemeriksaan atas klaim serupa telah dilakukan Tempo.co.

cek-fakta-Foto-Gadis-5.jpgSumber: Keliru, Dua Foto Perempuan Dikaitkan dengan Berita Gadis yang Dipenjara karena Membunuh Pemerkosanya | Tempo

KESIMPULAN

Hasil penelusuran yang telah dilakukan, foto dua perempuan dalam tautan artikel dengan narasi "gadis berusia 16 tahun yang dipenjara selama 25 tahun akibat melawan saat diperkosa" tidak benar. Dua foto perempuan dalam artikel tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan isi artikel.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori koneksi yang salah (false connection). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES