Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Tito Karnavian Setuju Masyarakat Boleh Ditembak

Jumat, 26 Agustus 2022 - 09:44 | 49.55k
CEK FAKTA: Salah, Video Tito Karnavian Setuju Masyarakat Boleh Ditembak
Video yang telah dimanipulasi memperlihatkan pernyataan Tito Karnavian menyetujui masyarakat boleh ditembak.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial Twitter dengan narasi beda TNI dan Polri. Dalam video kolase tersebut tampak Tito Karnavian saat menjabat Kapolri.

Video berdurasi berdurasi 29 detik tersebut terlihat Tito Karnavian sedang menanyai anggota polisi masyarakat boleh ditembak atau tidak. Pertanyaan itu dijawab boleh oleh si anggota polisi.

Video selanjutnya menampilkan seorang anggota TNI yang menyatakan lebih baik mereka tidak makan dan menderita daripada masyarakat yang menderita.

Adapun akun Twitter @FPolitik yang mengunggah video tersebut menyertakan cuitan sebagai berikut:

Oknum Polisi yg harus ditertibkan. Jahat sekali bila dilakukan.

cek-fakta-Tito-Karnavian.jpgSumber: https://twitter.com/FPolitik/status/1560149539272929280

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil edit. Pernyataan Tito Karnavian di bagian awal video telah dipotong. Dalam video yang lebih lengkap berisi pertanyaan Tito kepada anggota polisi dengan narasi, “Saya mau tanya, kalau di lapangan tiba-tiba ada orang bawa parang mau bunuh masyarakat, boleh ditembak atau tidak”, “Siap boleh jendral!” jawab anggota polisi tersebut.

Pemeriksaan atas klaim serupa pernah dilakukan oleh Turnbackhoax.id dalam artikelnya berjudul “[SALAH] Kapolri : Masyarakat boleh di tembak”. Artikel tersebut tayang pada 22 Mei 2019.

cek-fakta-Tito-Karnavian-2.jpgSumber: [SALAH] Kapolri : Masyarakat boleh di tembak | Turnbackhoax

Selain itu, Suara.com juga pernah memeriksa video serupa. Artikel pemeriksaan berjudul CEK FAKTA: Hoaks, Video Kapolri Tito Bilang Masyarakat Boleh Ditembak. Artikel tersebut tayang pada 23 Mei 2019.

cek-fakta-Tito-Karnavian-3.jpgSumber: CEK FAKTA: Hoaks, Video Kapolri Tito Bilang Masyarakat Boleh Ditembak | Suara

Dilansir dari Detik.com, pelaku rekayasa video Tito Karnavian tersebut ditangkap tim Bareskrim Polri. Berita selengkapnya bisa dibaca di sini: Pembuat Video Editan 'Kapolri Izinkan Anggotanya Tembak Masyarakat' Ditangkap | Detik

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, video yang dinarasikan Tito Karnavian menyetujui masyarakat boleh ditembak, salah. Video tersebut telah dimanipulasi dengan memotong video di bagian depan.

Video asli berisi pertanyaan Tito Karnavian saat menjabat sebagai Kapolri kepada anggota polisi. Pernyataan sebenarnya apabila ada orang membawa parang mau membunuh masyarakat boleh ditembak atau tidak, lalu dijawab boleh oleh anggota polisi tersebut.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES