Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Rektor UGM Akui Kecurangan Ijazah dan Mengaku Dibayar Jokowi

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 09:20 | 48.25k
CEK FAKTA: Salah, Rektor UGM Akui Kecurangan Ijazah dan Mengaku Dibayar Jokowi
Thumbnail video YouTube mengenai rektor UGM mengaku tentang kecurangan Ijazah dan dibayar Jokowi.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar cuitan di media sosial Twitter berupa tangkapan layar video dari kanal Youtube PEJUANG MUDA. Dalam sampul atau thumbnail tersebut, terdapat gambar foto Rektor UGM Ova Emilia dengan judul SAYA DI BAYAR PAK JOKOWI REKTOR UGM AKUI SEMUA KECURANGAN IJAZAH. Cuitan itu diunggah akun  @sabya1141 pada 13 Oktober 2022.

Adapun narasi yang turut diunggah akun tersebut:

pengakuan Rektor koplak

cek-fakta-Ijazah-jokowi-2.jpgSumber: https://twitter.com/sabya1141/status/1580532188692770817

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, informasi berupa cuitan dari akun @sabya1141 itu tidak benar alias hoaks. Penelusuran terhadap video pada kanal Youtube PEJUANG MUDA, tidak ditemukan adanya informasi yang menyatakan Rektor UGM mengakui kecurangan dan dibayar oleh Jokowi terkait ijazahnya.

Video tersebut berisi pernyataan Rektor UGM Ova Emilia perihal keaslian ijazah milik Joko Widodo (Jokowi) dan dinyatakan lulus dari UGM pada tahun 1985.

Rektor UGM Ova Emilia menggelar jumpa pers untuk menanggapi dugaan ijazah palsi Jokowi yang ramai diperbincangkan. Ia menyebut Jokowi merupakan alumnus Fakultas Kehutanan UGM tahun 1980 dan dinyatakan lulus pada 1985.

cek-fakta-Ijazah-jokowi-3.jpgSumber: Ditantang Dokter Tifa Unggah Foto Wisuda di UGM, Jokowi Bayar Lunas Bonus Foto Reuni Bareng Rekan Satu Fakultas | Suara Jogja

Ova Emilia menyampaikan berdasarkan data yang dimiliki dan terdokumentasi, UGM meyakini keaslian ijazah Ir Joko Widodo. "Yang bersangkutan benar lulusan Fakultas Kehutanan UGM," kata Ova.

cek-fakta-Ijazah-jokowi-4.jpgSumber: Rektor UGM Pastikan Ijazah S1 Jokowi Asli! | Detik Jateng

Mengutip harianhaluan.com, video yang banyak beredar di media sosial tersebut merupakan hoax dan tidak sesuai dengan narasi judul yang terdapat pada video tersebut.

Sebelumnya Jokowi menemui teman-temannya saat semasa kuliah dalam pertemuan tersebut, teman kuliah Presiden Jokowi heran bisa bisanya ada yang mempersoalkan ijazah Jokowi itu palsu.

cek-fakta-Ijazah-jokowi-5.jpgSumber: Viral! Muncul Video Rektor UGM Mengaku Dibayar Soal Ijazah Jokowi | HarianHaluan

Video yang diunggah kanal PEJUANG MUDA tersebut juga menunjukkan pernyataan Bambang Tri Mulyono perihal permainan licik UGM. Dan gugatan yang dilayangkannya soal ijazah SMA bukan ijazah kuliah.

Menelisik foto sampul atau thumbnail pada tangkapan layar kanal Yotube PEJUANG MUDA tersebut, merupakan hasil edit atau suntingan. Tim Cek Fakta menelusuri menggunakan mesin pencarian gambar Yandex, ditemukan foto identik dengan yang digunakan pada thumbnail tersebut.

Penelusuran juga dilakukan oleh Turnbackhoax.id, dan kesimpulannya adalah tidak benar alias hoaks.

cek-fakta-Ijazah-jokowi-6.jpgSumber: [SALAH] Rektor UGM Akui Semua Kecurangan Ijazah dan Mengaku Dibayar oleh Jokowi | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, informasi berupa cuitan dari akun @sabya1141 itu tidak benar alias hoaks. Informasi dalam video sumber juga tidak terdapat pernyataan terkait klaim Rektor UGM mengakui kecurangan dan dibayar oleh Jokowi terkait ijazahnya.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES