Cek Fakta

Ajak Kritis dan Bijak Bermedsos, Mafindo Malang Gelar Akademi Digital Lansia

Rabu, 18 Januari 2023 - 18:35 | 58.68k
Para peserta Akademi Digital Lansia bersama fasilitator dari Mafindo Malang di Auditorium Polkesma, Rabu (18/1/2023). (Foto: Mafindo Malang)
Para peserta Akademi Digital Lansia bersama fasilitator dari Mafindo Malang di Auditorium Polkesma, Rabu (18/1/2023). (Foto: Mafindo Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia wilayah Malang (Mafindo Malang) menggelar Tular Nalar Akademi Digital Lansia (ADL) di Auditorium Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma), Rabu (18/1/2023). Acara yang digelar bekerja sama dengan Polkesma ini diikuti 103 peserta lanjut usia.

Para pesertanya terdiri atas komunitas Polkesma, Paguyuban Perempuan Kreatif, Nozama, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, dan Kreatifitas Tanpa Batas.

Koordinator Wilayah Mafindo Malang, Anandito Birowo menuturkan dalam penelitian Mafindo, kelompok lansia menjadi salah satu yang rentan sering menjadi korban disinformasi di ruang digital. Terutama terkait tema kesehatan. Sehingga ADL penting agar tidak menjadi korban atau turut menyebarkan informasi dusta, hoaks, hasutan dan penipuan.

“Kita menggunakan Youtube sebagai sarana untuk mendapat hiburan dan informasi. Bahkan, kadang sambil mengasuh cucu. Sehingga harus dipilah dan ditumbuhkan nalar kritis,” kata Anandito.

Selama pelatihan, para lansia belajar mengenal konten dan algoritma Youtube,  bijak dalam mengakses Youtube, menciptakan tontonan Youtbe yang aman bagi lansia dan keluarga. Selain itu, juga belajar mengindentifikasi konten kategori hasutan, hoaks dan penipuan. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik cek fakta menggunakan chatbot Kalimasada dan Tipline Mafindo.

Mafindo-Malang-2.jpgFasilitator Mafindo Malang menyampaikan materi kepada peserta Akademi Digital Lansia, Rabu (18/1/2023) di Auditorium Polkesma. (Foto: Mafindo Malang)

Usai pelatihan, para peserta juga akan mendapat pendampingan dari para fasilitator melalui grup whatsapp. Saling berbagi pengalaman dan tukar informasi dari para lansia dalam berinteraksi di ruang digital. Tujuannya, untuk mengasah nalar kritis dan menghindari hasutan, penipuan dan hoaks.

Wakil Direktur 3 Polkesma, Kissa Bahari menjelaskan era digital kehidupan manusia berada di dunia nyata dan ruang digital. Banyak aktivitas yang dilakukan secara digital, tetapi tak semua lansia memiliki kemampuan memilah informasi yang tersebar di lini masa. Sehingga dibutuhkan pelatihan digital seperti ADL Mafindo. 

“Semoga pelatihan ini bermanfaat dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari,” katanya.

Salah seorang peserta dari KIM Sawojajar, Widodo mengaku mendapat pengetahuan bagaimana bijak dalam memanfaatkan Youtube. Terutama mengatur tontonan, dan mengenal algoritma Youtube. Serta mengidentifikasi informasi yang tersebar di Youtube. “Kalau bisa pelatihan dilakukan berkelanjutan,” ujarnya usai pelaksanaan Akademi Digital Lansia yang digelar Mafindo Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES