Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Transaksi Gelap 300 T Mengalir Sejak Jokowi Menjabat

Minggu, 02 April 2023 - 17:37 | 53.58k
Hoaks video transaksi gelap 300 T beredar di Youtube.
Hoaks video transaksi gelap 300 T beredar di Youtube.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video dengan judul “gempar sore ini!!transaksi 300 T mengalir pada jokowi, pengakuan sri mulyani kejutkan semua pihak” beredar di Youtube. Video berdurasi 8 menit 9 detik tersebut diunggah kanal Youtube FORUM BERITA NUSANTARA pada 25 Maret 2023.

Tampak gambar Sri Mulyani dalam thumbnail video, disertai tulisan: “BREAKING NEWS!!! SEMUA TERKEJUT DENGAN PENGAKUAN INI. TRANSAKSI GELAP 300 TRILIUN TERNYATA MENGALIR SEJAK AWAL JOKOWI MENJABAT”.

Benarkah hal tersebut?

Cek Fakta

Hasil penelusuran kami, video yang diunggah kanal FORUM BERITA NUSANTARA tersebut merupakan hasil suntingan. Ada tiga video yang diambil dari kanal Youtube lain, lalu digabung menjadi satu video dengan diberi narasi tertentu.

Mengutip turnbackhoax.id ([SALAH] Transaksi 300 T Mengalir pada Jokowi, Pengakukan Sri Mulyani Kejutkan Semua Pihak | Turnbackhoax), video yang pertama merupakan cuplikan podcast bersama Rocky Gerung di akun Youtube Novel Baswedan. Video tersebut diunggah pada 18 Maret 2023 dengan judul: “Gempa Skandal Rp300 T Kemenkeu | Bersama Rocky Gerung”.

Sumber: Gempa Skandal Rp300 T Kemenkeu | Bersama Rocky Gerung | YouTube/Novel Baswedan

Sedangkan video kedua identik dengan video penjelasan Sri Mulyani soal THR Tanpa Tukin yang diunggah akun Youtube Tribun Pontianak pada 1 Mei 2021 dengan judul: “Ramai Petisi THR PNS, Berikut Penjelasan Sri Mulyani soal THR Tanpa Tukin”.

Sumber: Ramai Petisi THR PNS, Berikut Penjelasan Sri Mulyani soal THR Tanpa Tukin | YouTube/Tribun Pontianak

Lalu video ketiga merupakan pidato Jokowi yang diunggah akun Youtube iNews id pada 7 Februari 2023 dengan judul: “Presiden Jokowi Sebut Komitmen Pemberantasan Korupsi Tak Pernah Surut”.

Sumber: Presiden Jokowi Sebut Komitmen Pemberantasan Korupsi Tak Pernah Surut | YouTube/IDX Channel

Dari video yang digabung tersebut, tidak ada pengakuan Sri Mulyani terkait transaksi 300 triliun yang mengalir pada Jokowi, seperti ditampilkan pada judul video yang diunggah kanal Youtube FORUM BERITA NUSANTARA pada 25 Maret 2023.

Kesimpulan

Video dengan judul “gempar sore ini!!transaksi 300 T mengalir pada jokowi, pengakuan sri mulyani kejutkan semua pihak” merupakan video editan, dimana beberapa video digabung, lalu diberi narasi menyesatkan. Tidak ada informasi valid tentang pengakuan Sri Mulyani terkait transaksi 300 T yang mengalir pada Jokowi.

Informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten yang Dimanipulasi).

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES