Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Anies Baswedan Tak Hafal Pancasila

Jumat, 11 Agustus 2023 - 09:24 | 109.22k
Video Anies Baswedan tidak hafal Pancasila beredar di media sosial.
Video Anies Baswedan tidak hafal Pancasila beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video singkat di Tiktok yang diunggah akun @sahabat.anis dengan klaim bahwa Anies Baswedan tidak hafal Pancasila.

Video berdurasi 16 detik tersebut memperlihatkan Anies Baswedan yang salah mengucapkan sila ke-2 Pancasila. Di video itu, Anies menyebut sila ke-2 adalah Persatuan Indonesia. 

Dalam video tersebut tertera pula narasi berikut: 
Capres aja ga hafal Pancasila

Di samping itu terdapat pula caption berikut:
Salah Satu Capres Yang Ingin Perubahan Katanya

cek-fakta-Anies-Baswedan-2.jpgTangkapan layar: https://www.tiktok.com/@sahabat.anis/video/7257694024327236869

Benarkah video Anies Baswedan tak hafal Pancasila?

Penjelasan Cek Fakta

Setelah ditelusuri, video yang diunggah akun Tiktok @sahabat.anis tersebut merupakan hasil editan. Video tersebut dipotong saat Anies mengucapkan sila ke-2 Pancasila. 

Dalam video aslinya, atau yang lebih utuh (berdurasi 40 detik), Anies Baswedan mampu mengucapkan kelima sila Pancasila dengan benar. Video aslinya bisa dilihat di akun Twitter @marlina_idha yang diunggah pada 11 Agustus 2022
Sumber: Twitter: @marlina_idha

Pemeriksaan atas video tersebut juga telah dilakukan oleh Turnbackhoax.id dalam artikelnya [SALAH] Anies Tidak Hafal Pancasila (Sumber: [SALAH] Anies Tidak Hafal Pancasila)

Kesimpulan

Video Anies Baswedan tak hafal Pancasila yang diunggah akun Tiktok @sahabat.anis merupakan konten manipulasi (manipulated content). Video tersebut hasil manipulasi/editan. Dalam video aslinya, Anies Baswedan mampu menyebutkan sila-sila dalam Pancasila dengan benar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber tepercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES