Cek Fakta Fakta atau Hoaks

Cek Fakta: Klaim WEF tentang Kotoran dan Urine Sebagai Makanan Tidak Benar

Selasa, 26 September 2023 - 09:38 | 36.13k
Akun media sosial mengklaim WEF ingin mengubah kotoran dan urine manusia menjadi bahan makanan.
Akun media sosial mengklaim WEF ingin mengubah kotoran dan urine manusia menjadi bahan makanan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri klaim yang menyatakan bahwa Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) ingin mengubah kotoran dan urine manusia menjadi bahan makanan untuk menyelamatkan bumi dari perubahan iklim. Informasi ini diunggah oleh salah satu akun Facebook pada tanggal 6 Agustus 2023.

Klaim tersebut menyatakan bahwa WEF sedang mempromosikan konsumsi kotoran manusia dan urine sebagai bagian dari upaya untuk bertahan hidup dalam perubahan iklim yang mereka rencanakan.

Namun, apakah klaim ini benar? Mari kita simak penelusurannya.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta TIMES Indonesia melakukan penelusuran mengenai klaim ini dengan menggunakan kata kunci 'The WEF is now calling for all of us to eat human feces and drink urine'.

Penelusuran mengarahkan kami ke sebuah artikel berjudul "False claim WEF called for consumption of human waste to fight climate change | Fact check" yang dimuat di situs Usatoday.com pada tanggal 11 Juli 2023.

Dalam artikel tersebut, juru bicara WEF, Yann Zopf, secara tegas menyatakan bahwa organisasi tersebut tidak pernah mengeluarkan pernyataan yang mewajibkan konsumsi kotoran manusia atau urine dengan alasan apapun. Zopf menekankan bahwa klaim ini adalah palsu dan merusak upaya serius yang dilakukan oleh WEF dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Selain itu, penelusuran kami mengarahkan kami ke artikel lain berjudul "Did WEF say all humans have to eat faeces and drink urine to fight climate change?" yang dimuat di situs Climatefactchecks.org pada tanggal 20 Juli 2023. Artikel ini menegaskan bahwa kotoran hewan mengandung nutrisi yang sangat rendah dan tidak dapat memenuhi kebutuhan kalori harian manusia. Selain itu, konsumsi kotoran hewan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Sumber artikel tersebut juga menggarisbawahi bahwa Forum Ekonomi Dunia tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang konsumsi kotoran manusia atau urine dalam konteks perubahan iklim.

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia menunjukkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa WEF ingin mengubah kotoran dan urine manusia menjadi bahan makanan untuk menyelamatkan bumi dari perubahan iklim adalah tidak benar. WEF tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu, dan klaim ini merupakan informasi palsu yang sebaiknya tidak dipercayai.

Sumber:
False claim WEF called for consumption of human waste to fight climate change | Fact check USA Today
Did WEF say all humans have to eat faeces and drink urine to fight climate change? | Climatefactchecks

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES