Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Pesawat Jatuh di Jakarta

Rabu, 04 Oktober 2023 - 20:25 | 120.22k
Hoaks video pesawat jatuh di Jakarta.
Hoaks video pesawat jatuh di Jakarta.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar di Tiktok video pesawat jatuh di Jakarta. Video berdurasi 15 detik itu diunggah akun @zhek.id.

Dalam video tersebut tampak pesawat yang sedang berada di udara dalam kondisi meluncur ke bawah. Orang dalam video tersebut menyebut pesawat jatuh.

"Jatuh pesawatnya tuh, jatuh itu. Eh jatuh pesawat tuh. Wah jatuh tuh. Serius-serius, enggak bohong. Nyungsep," kata orang dalam video tersebut.

Dalam video itu juga keterangan waktu 27-09-2023 serta narasi berikut:

Innalillahi Wainnailaihi Roji'un
Detik-detik pesawat jatuh di Jakarta

cek-fakta-Pesawat-Jatuh-2.jpghttps://vt.tiktok.com/ZSNL4paD8/

Benarkah informasi tersebut?

Penelusuran Fakta

Penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut bukan pesawat jatuh melainkan latihan yang dilakukan TNI AU menjelang peringatan HUT TNI.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Sasongkojati membantah pesawat tersebut jatuh. Ia mengatakan pesawat tersebut sedang latihan pada Rabu (27/9/2023) siang.

"Itu pesawat aerobatik TNI, latihan di atas Monas tadi siang," kata Agung, dikutip CNN Indonesia.
Sumber: Viral Pesawat Disebut Jatuh di Jakarta, TNI AU Bantah | CNN Indonesia

Keterangan terkait video yang viral itu juga disampaikan pihak TNI AU melalui akun instagram resmi @militer.udara.

Pesawat yang terdapat dalam video tersebut merupakan pesawat aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang sedang melakukan manuver Solo Spin, yang dilakukan oleh Juliter 6, Myr Pnb Ari "Monster" Widodo.

"Sempat mengagetkan warga Jakarta, pesawatpun, diisukan jatuh. Tenang Bro, itu sekadar atraksi manuver solo spin. pesawat dan pilot aman," demikian tulis akun @militer.udara pada Minggu (29/9/2023).

Akun resmi TNI AU tersebut kembali menegaskan bahwa kejadian yang direkam warganet dan sempat viral tersebut merupakan aksi JAT dalam misi latihan dan cek lokasi untuk kegiatan demo udara peringatan HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 mendatang.

Dalam penjelasannya, akun @militer.udara juga menyertakan penjelasan tentang manuver Solo Spin dalam bentuk video.
Sumber: Instagram/@militer.udara

Kesimpulan

Video yang diunggah akun Tiktok @zhek.id bukan peswat jatuh melainkan manuver Solo Spin yang dilakukan penerbang TNI AU dalam latihan untuk kegiatan demo udara peringatan HUT ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 mendatang. Informasi video yang beredar tanpa konteks termasuk kategori konten menyesatkan (misleading content).

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES