Cek Fakta Fakta atau Hoaks

Cek Fakta: Ganjar Pranowo Sebut Pengambilan Keputusan di ASEAN Rumit dan Harus Konsensus, Benarkah?

Minggu, 07 Januari 2024 - 21:12 | 26.60k
Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo.

TIMESINDONESIA, JAKARTADebat Capres untuk Pemilu 2024 berlangsung  di Istora Senayan, Jakarta Pusat,  Minggu  (7/1/2024) malam.  Dalam debat tersebut, capres Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa pengambilan keputusan di ASEAN rumit dan harus dengan konsensus.

Inilah pernyataan lengkap yang disampaikan Ganjar Pranowo dalam Debat Pilpres 2024 seri ketiga:
“Saya tahu persis pengambilan keputusan di ASEAN itu rumitnya minta ampun. Karena harus dengan konsensus, maka kenapa banyak persoalan tidak selesai. Ketika kemudian amanah diberikan kepada saya maka revitalisasi ASEAN dalam pengambilan keputusan.”

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia bersama koalisi Cek Fakta serta panel ahli, menemukan bahwa pernyataan yang disampaikan Ganjar Pranowo bisa ditelusuri sebagai berikut.

Dosen Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta, Ludiro Madu menyatakan bahwa ASEAN memiliki mekanisme pengambilan kebijakan yang rumit dan konsensual. Ini didasarkan pada Piagam ASEAN yang menjadi landasan pembentukannya sejak 1967. “Sehingga sudah menjadi kenyataan yang disadari oleh setiap pemimpin ASEAN,” ujar Ludiro Madu dalam keterangannya.
Sumber: https://asean.org/wp-content/uploads/images/archive/publications/ASEAN-Charter.pdf

Asisten Dosen Hubungan Internasional Universitas Paramadina dan peneliti di Monash University Indonesia, Prasetia Anugrah Pratama, menyatakan bahwa ASEAN memang menempatkan konsensus sebagai salah satu prinsip dan bagian dari mekanisme pengambilan keputusan.

“Secara general memang prinsip tersebut membuat penyelesaian masalah yang terjadi di kawasan Asia Tenggara menjadi berlarut-larut dan tidak efisien,” ujar dia dalam keterangannya.
Sumber: https://www.reportingasean.net/asean-consensus-blessing-curse/

Kesimpulan

Pernyataan Ganjar Pranowo dalam debat Pilpres 2024  bahwa pengambilan keputusan di ASEAN rumit dan harus konsensus, benar.  Hal tersebut didasarkan pada Piagam ASEAN yang menjadi landasan pembentukannya sejak 1967. ASEAN memang menempatkan konsensus sebagai salah satu prinsip dan bagian dari mekanisme pengambilan keputusan.

----

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media dan 7 panel ahli di Indonesia.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES