Cek Fakta Fakta atau Hoaks

Cek Fakta: Mahfud MD Sebut Deforestasi dalam 10 Tahun Terakhir Lebih Luas dari 23 Kali Pulau Madura

Minggu, 21 Januari 2024 - 22:16 | 22.02k
Mahfud MD.
Mahfud MD.

TIMESINDONESIA, JAKARTADebat Cawapres untuk Pemilu 2024 berlangsung  di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan,  Minggu  (21/1/2024) malam. Cawapres nomor urut 03  Mahfud MD  menyebut bahwa deforestasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir lebih luas dibandingkan 23 kali luas Pulau Madura, dan luas wilayah Korea Selatan (Korsel).

Inilah pernyataan lengkap yang disampaikan Mahfud MD  dalam Debat Pilpres 2024 seri keempat: 
“Data 10 tahun terjadi deforestasi 12,85 juta hektar. Itu lebih luas dari Korsel dan 23 kali luasnya Pulau Madura di mana saya tinggal. Ini deforestasi dalam 10 tahun terakhir.”

Mahfud menyampaikan hal tersebut sebagai tanggapan atas pernyataan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal pencabutan izin usaha pertambangan (IUP) apabila ada perusahaan yang tak menjaga lingkungan dalam menjalankan usahanya.

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia bersama koalisi Cek Fakta serta panel ahli, menemukan bahwa pernyataan yang disampaikan Mahfud MD  bisa ditelusuri sebagai berikut.

Menurut peneliti Sajogyo Institute, Kiagus M. Iqbal, mengacu dari data Global Forest Watch, dalam rentang 2001-2022 Indonesia mengalami deforestasi hingga 29,4 juta hektare. Bahkan, dalam sepuluh tahun (2012-2022), Indonesia telah mengalami deforestasi 15,848 juta hektare.
Sumber: Indonesia Deforestation Rates & Statistics | GFW

Deforestasi dalam rentang 2003-2022 di Indonesia mencapai 12,9 juta hektare, data mengacu time series penutupan lahan dan deforestasi KLHK.
Sumber: https://geoportal.menlhk.go.id/Interaktif2/

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang bersumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), angka deforestasi (Netto) Indonesia di dalam dan di luar kawasan hutan pada 2013-2022 mencapai 3,8 juta hektare.
Sumber: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MjA4MSMx/angka-deforestasi--netto--indonesia-di-dalam-dan-di-luar-kawasan-hutan-tahun-2013-2021--ha-th-.html

Sementara itu, luas Pulau Madura adalah 537.900 hektare. Bila dikalikan 23 menjadi 12,371 hektare. Pun luas wilayah Korsea Selatan 10,021 juta hektare. 

Terkait masalah deforestasi, Lead, Knowledge Generation Koalisi Sistem Pangan Lestari, Udiana Puspa Dewi menyatakan, deforestisasi di Indonesia telah memperparah perubahan iklim yang mengakibatkan banjir yang, dengan tinggi air mecapai 1 – 4 mm per tahun dan tanah longsor. 

“Di daerah seperti pesisir Jawa, deforestisasi berkontribusi dalam menurunnya permukaan tanah 6 - 26 cm per tahun, yang berdampak pada tergenangnya pemukiman penduduk,” ujar Udiana Puspa Dewi dalam keterangannya sebagai panel ahli dalam debat cawapres malam ini.

Kesimpulan

Pernyataan Mahfud MD bahwa  dalam 10 tahun terakhir, deforestasi di Indonesia lebih luas dari wilayah Korea Selatan dan 23 kali luas Pulau Madura, benar.

Mahfud MD menyebut deforestasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir sebesar 12,85 juta hektare. 23 kali luas Pulau Madura 12,371 juta  hektare. Luas wilayah Korsea Selatan 10,021 juta hektare. Data Global Forest Watch, dalam rentang sepuluh tahun (2012-2022), Indonesia mengalami deforestasi 15,848 juta hektare.

Sebagai informasi dalam Debat Pilpres 2024 seri keempat ini, para Cawapres membahas isu mengenai pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat dan desa adat. Cek Fakta TIMES Indonesia mengimbau masyarakat untuk lebih selektif menerima informasi atau menyebarkan informasi yang benar.

----

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media dan 7 panel ahli di Indonesia.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES