Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Hoaks! Foto Amplop Kuning Berlogo PKS, Disebut Upah Kampanye di JIS

Rabu, 14 Februari 2024 - 21:00 | 21.64k
Postingan Facebook berisi gambr amplop kuning berlogo PKS yang diklaim merupakan ipah kampanye di JIS.
Postingan Facebook berisi gambr amplop kuning berlogo PKS yang diklaim merupakan ipah kampanye di JIS.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar postingan di media sosial Facebook berupa foto amplop berisi uang dengan klaim diperoleh saat kampanye di Jakarta International Stadium (JIS).

Sebagai konteks, capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggelar kampanye akbar terakhir di JIS, Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024).

Setelah acara tersebut, muncul postingan dari akun acebook Om Paino di laman Grup AMIN PRESIDEN 2024. Adapun narasinya sebagai berikut:

Lumayan dapat amplop ikut kampanye di JIS

cek-fakta-Amplop-Kuning-2.jpgSumber: https://web.facebook.com/groups/857398602786615/permalink/906930474500094 

Benarkah klaim tersebut?

Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran menggunakan metode reverse image search, menunjukkan foto tersebut merupakan foto lama. Temuan Kompas.com, dikutip dari cekfakta.com, foto identik dengan amplop yang diterima oleh Sulimin, warga Grobogan, Jawa Tengah dari salah satu caleg DPRD Grobogan‎ pada Pemilu 2019. 
Sumber: https://cekfakta.com/focus/15986 

Konteks peristiwanya, pada 2019 ada aksi bagi-bagi uang sejumlah caleg  mewarnai pesta demokrasi di Kabupaten Grobogan. Aksi tersebut mulai digencarkan pada 16 April hingga 17 April 2019.

Dalam praktiknya, para caleg tidak terjun langsung ke lapangan untuk membagikan amplop kepada warga. Namun, mereka memasrahkan amplop berisi uang kepada tim sukses untuk dibagikan kepada warga di daerah pilihnya. 
Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019/04/18/12350331/mengintip-aksi-bagi-bagi-uang-caleg-di-grobogan-mulai-rekrut-preman-hingga?page=all 

Selain itu, dalam foto aslinya juga tidak terdapat logo PKS pada amplop. Maka bisa dipastikan bahwa foto amplop berisi uang tersebut tidak terkait dengan kampanye di JIS.

Kesimpulan

Foto amplop berlogo PKS berisi uang dengan narasi upah kampaye di JIS, tidak benar alias hoaks. Faktanya, foto tersebut merupakan gambar lama, dimana Sulimin, warga Grobogan menerima amplop dari salah satu caleg pada Pemilu 2019.

Artikel ini merupakan kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com dengan melibatkan hampir 100 media yang meliputi tim media di tingkat nasional dan media di lokal secara online.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES