Cek Fakta

Waspada! Rahasia Gelap di Balik Pesan Undian Berhadiah Mengatasnamakan Bank

Senin, 29 April 2024 - 06:09 | 69.34k
Ilustrasi - Pesan Undian berhadiah
Ilustrasi - Pesan Undian berhadiah

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beragam pesan menarik berkedok undian berhadiah marak ditemukan di media sosial, khususnya layanan aplikasi percakapan instan seperti Whatsapp. Nama bank-bank menjadi bahan penipuan tersebut. 

Di balik janji hadiah menggiurkan tersebut, terselubung ancaman berupa penipuan. Tim Cek Fakta TIMES Indonesia mengidentifikasi pola penipuan yang menggunakan nama sejumlah bank, seperti BRI, Bank Jatim, dan Bank Indonesia.

Masyarakat perlu mewaspadai penipuan berkedok undian berhadiah ini. Untuk itu, Cek Fakta TIMES Indonesia mendapati sejumlah informasi palsu yang beredar menggunakan nama bank.


BRI Bagikan Rp5 Juta di Hari Ulang Tahun

Beredar pesan berantai melalui WhatsApp yang menyebutkan, dalam rangka HUT-nya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberi kesempatan untuk mendapatkan Rp5 juta melalui kuesioner.

Klaim informasi BRI membagikan RP5 juta berupa narasi berikut:

Ulang Tahun Bank Rakyat Indonesia ke 120!

Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan Rp5000.000
https://jviptu.top/i/brid/?g=1

Benarkah klaim hadiah RP5 juta dari BRI? Simak hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia berikut ini:

BRI-Bagikan-5-Juta-di-HUT--ke-120.jpgSumber: [CEK FAKTA] BRI Bagikan Rp5 Juta di HUT ke-120

Pendaftaran Undian Tabungan Bank Jatim
Cek Fakta TIMES Indonesia menemukan informasi pendaftaran undian tabungan simpeda Bank Jatim, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 25 April 2024.

Undian-Berhadiah.jpg(Sumber: Akun Facebook menang kn promo undian kupon anda)

Adapun narasi lengkap megenai pendaftaran undian tabungan simpeda Bank Jatim sebagai berikut:

"PROGRAM PROMO 2024" Khusus Seluruh Nasabah BANK JAWA TIMUR yang Sudah Menggunakan JConnect Mobile (BANK JATIM)

UNDIAN TABUNGAN SIMPEDA BANK JATIM (PROMO POIN) berhadiah dari JConnect Mobile#
Hadir lagi, Ayo Buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize seperti : 

Grand Prize Mobil
-10 unit mobil Alphard
-10 unit mobil CR-V Turbo
-10 unit mobil HR-V CVT
-10 unit mobil Xpander
-10 unit mobil Fortuner
-10 unit mobil BR-V
-10 unit mobil Brio
-10 unit mobil BMW
- 20 unit motor scopy
- 15 unit motor xmax
- 30 unit tv led 50 in.
- 33 unit smartphone promax14
- 100emas batangan & logam mulia.
- 20 paket wisata singgapore
- 20 paket umroh gratis

masih banyak keuntungan lainnya... Info lebih lanjut tentang pendaftaran (UNDIAN TABUNGAN SIMPEDA BANK JATIM) silakan klik menu (daftar) yang kami telah sediahkan.. "

Informasi tersebut juga menyertakan tautan:

"https://bpdjatimpromoundian.bubbleapps.io/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR2ylXru9_ wgJg4c0pDrfWtqztPKvQefhaZCcIgqAEaoCIZg6ElklCiNYo_aem_ATvlmHo-R6zxEyTpQehfV9dLI3K6UypDxFvLesjmI7TDU_ sFWwasxGnOhbVX18RY6i98JkS9ReGAmJQKbvwhbQXo"

Tautan tersebut mengarah pada halaman website yang menampilkan formulir pendaftaran. Untuk dapat mengikuti undian, pengguna diarahkan mengisi nama lengkap, nomor rekening, nomor ponsel, dan saldo terakhir.

Benarkah klaim pendaftaran undian tabungan simpeda Bank Jatim? Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri akun medsos resmi Bank Jatim, baik di Instagram @bankjatim maupun Facebook Bank Jatim. Disebutkan dalam salah satu postingannya, agar masyarakat  mewaspadai akun penipuan berkedok undian berhadiah.

"Jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah yang tidak masuk akal. Sekali lagi pastikan informasi yang Sobat Jatim dapatkan berasal dari akun official Bank Jatim!".

Bank-jatim.jpgSumber : Instagram Bank Jatim

Pemberitahuan-dari-FB-bank-Jatm.jpg

Sumber : Facebook/Bank Jatim


Undian Berhadiah dari Bank Indonesia
Cek Fakta TIMES Indonesia mendapati nama Bank Indonesia dicatut dalam aksi penipuan. Laman resmi Kominfo.go.id menerangkan munculnya pesan berantai yang mengatasnamakan Bank Indonesia. 

Pesan tersebut berisikan mengenai undian berhadiah uang tunai hingga mobil dengan narasi, "YTH nasabah BANK INDONESIA Anda resmi terpilih pemenang ke(2) dengan PIN Pemenang: 02579120 dari BANK INDONESIAINFO lengkap www.program-bi.online". 

Di pesan lainnya, ada yang menyebutkan hadiah dalam bentuk mobil. Pesan tersebut juga menyisipkan sebuah link untuk diklik.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/31601/hoaks-undian-berhadiah-uang-hingga-mobil-dari-bank-indonesia/0/laporan_isu_hoaks

Benarkah informasi tersebut? Bank Indonesia (https://www.bi.go.id/id/Default.aspx) secara tegas meminta masyarakat untuk mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu, Bank Indonesia mengingatkan soal tersebut. Seperti terlihat dalam postingan di akun Facebook resmi Bank Indonesia pada 4 November 2020.

Pemberitahuan-Hoax-dari-BI.jpgSumber: Facebook/Bank Indonesia


Tips Melindungi Diri dari Penipuan atas nama Bank

Kenali Mitos dan Realitas

1. Mitos: "Anda telah memenangkan undian berhadiah tanpa perlu melakukan apapun!"

Banyak dari kita mungkin pernah menerima pesan semacam ini. Namun, dalam realitasnya, Bank Jatim, seperti institusi keuangan lainnya, memiliki prosedur yang ketat dalam hal pemberian hadiah. Jika Anda tidak pernah mengikuti kontes atau kuis yang diadakan oleh Bank Jatim, kemungkinan besar pesan tersebut adalah hoaks.

2. Mitos: "Untuk menerima hadiah, Anda perlu mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi atau pajak."

Penipuan semacam ini menggunakan taktik menggoda, meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi atau pajak untuk menerima hadiah. Ini hanyalah trik untuk menguras uang Anda. Dalam undian berhadiah yang sah, tidak ada biaya tersembunyi yang perlu Anda bayar.

3. Mitos: "Klik tautan ini untuk mengklaim hadiah Anda! Isi formulir dengan informasi pribadi Anda."

Tautan atau lampiran dalam pesan tersebut sering kali mengarah ke situs web atau formulir palsu yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi Anda. Jangan biarkan keinginan mendapatkan hadiah membutakan Anda akan risiko keamanan data pribadi Anda.


Langkah-langkah Perlindungan

Jangan Terjebak dalam Pesona Hadiah
Waspadai tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Berpikirlah dua kali sebelum mengikuti pesan yang mengklaim Anda sebagai pemenang tanpa upaya.

Verifikasi dengan Teliti
Selalu verifikasi keaslian pesan yang Anda terima. Jangan terburu-buru percaya pada klaim tanpa melakukan pengecekan yang teliti.

Waspadai Permintaan Uang
Tidak pernah ada hadiah gratis di dunia ini. Jika diminta mentransfer uang untuk menerima hadiah, itu adalah tanda peringatan bahwa ada yang tidak beres.

Jaga Informasi Pribadi Anda
Jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi, seperti nomor rekening bank atau kata sandi, melalui pesan atau tautan yang tidak terpercaya.

Berbagi Pengetahuan
Edukasikan diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda tentang tanda-tanda penipuan. Dengan berbagi pengetahuan, kita dapat melindungi diri kita dan orang lain dari jebakan para penipu.


Kenali Hoaks

Penipuan berkedok undian berhadiah dengan mencatut nama-nama bank merupakan ancaman serius yang dapat menghabiskan waktu, uang, dan energi. Namun, dengan meningkatkan kesadaran tentang taktik penipuan, Anda dapat menghindari jebakan para penipu. Ingatlah, hati-hati selalu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. 


---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia berkomitmen dalam melawan hoaks. Untuk itu kami membuat kanal Cek Fakta dan mengisinya dengan konten debunking dan prebunking sebagai bagian dari literasi media dan literasi berita pada publik.

Bersama sejumlah media dan komunitas Mafindo, Cek Fakta TIMES Indonesia memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada Cek Fakta TIMES Indonesia melalui email: [email protected] atau [email protected]. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES