Kembali Angkut Penumpang, Ini Ketentuan Baru Gojek

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gojek mengumumkan sejumlah kebijakan baru, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengguna saat memakai layanan Goride dan Gocar, terutama memasuki New Normal.
SVP Transport Marketing Gojek Monita Moerdani, menyampaikan Gojek sudah menerapkan beberapa inisiatif untuk mendukung layanan Goride dan Gocar, termasuk penerapan protokol kesehatan sejak masa pandemi ini.
Advertisement
"Kami menampilkan status suhu tubuh dan kebersihan kendaraan mitra pengemudi aplikasi. Jadi, konsumen bisa merasa aman," kata Monita dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/6/2020).
Gojek juga menerapkan kebijakan untuk penggunaan masker selama perjalanan, baik bagi mitra pengemudi maupun konsumen. Apabila ada salah satu pihak yang tidak memakai masker, hal itu bisa dilaporkan.
"Jadi, kalau ada salah satu (mitra pengemudi atau konsumen) yang tidak memakai masker, pesanan bisa dibatalkan lalu hal tersebut dapat dilaporkan," tambah Monita.
Monita juga menyampaikan pihaknya memiliki posko aman yang berfungsi sebagai hub bagi mitra pengemudi. Di posko ini, para mitra pengemudi akan melakukakan cek suhu, melakukan disinfektasi kendaraan, dan paket pelindung diri.
Gojek menjadi layanan on-demand pertama yang menerapkan posko aman ini, dan yang pertama pula menampilkan status mitra pengemudi dalam aplikasi.
Selain itu, Gojek juga melakukan edukasi secara konsisten bagi mitra pengemudi. Melalui edukasi ini, Gojek membantu para mitra pengemudi untuk menerapkan pola hidup sehat dan secara sadar mengecek kondisi tubuh mereka.
Tak hanya itu, layanan ojek online GoRide Dan GrabBike kembali hadir di aplikasi ponsel.
Sebelumnya, saat Pemprov DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membatasi penyebaran Covid-19, penyedia aplikasi transportasi online seperti Gojek dan Grab menonaktifkan fitur pemesanan ojek online. Hal ini dilakukan pada 10 April 2020 lalu.
Namun, sekitar dua bulan setelahnya, yakni ketika Pemprov DKI Jakarta memberlakukan PSBB transisi, layanan transportasi online sudah tersedia penuh per Senin, 8 Juni 2020.
Layanan ojek online di aplikasi Gojek dan Grab pun dikembalikan. Para pengguna sudah bisa memesan ojek online Goride dan GrabBike seperti sedia kala. Penyedia layanan menyebut, pihaknya menjalankan prosedur kesehatan dan kebersihan selama beroperasinya layanan. Penumpang juga diminta membawa helm dan masker sendiri dalam era New Normal ini.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |
Sumber | : TIMES Jakarta |