Ekonomi

Lewat BlibliMart, Blibli akan Dukung Penjualan UMKM Saat Covid-19

Selasa, 29 September 2020 - 18:43 | 99.88k
bliblimart
bliblimart
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, MALANG – BlibliMart, kategori groceries mal lokal terdepan Blibli, memperkuat dukungannya untuk pasar ritel Jawa Timur.

Salah satunya dengan mendorong penjualan produk UMKM dengan basis teknologi digital demi  percepatan pemulihan ekonomi di tingkat provinsi Jawa Timur dan skala nasional di saat pandemi Covid-19. 

Advertisement

Bliblimart menghadirkan berbagai fitur, solusi, dan inisiatif untuk memperlancar aktivitas konsumsi masyarakat.

Sejak awal tahun, BlibliMart telah berusaha untuk mendukung pasar Jawa Timur yang merupakan pasar terbesar bagi BlibliMart di luar Jabodetabek. Perpaduan usaha Blibli dan kondisi pandemi pun mengakselerasi adopsi teknologi digital oleh pelaku pasar Jawa Timur.

Jumlah seller pun meningkat sebanyak 2,5 kali di semester pertama 2020 jika dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

“BlibliMart menyediakan solusi bagi seller, termasuk UMKM Jawa Timur, untuk bisa terus melanjutkan usaha di tengah pandemi. Sebagai salah satu industri yang masih dapat terus beroperasi di tengah berbagai pembatasan, Blibli dapat secara konsisten menghadirkan kesempatan pasar bagi seller dengan membuka akses ke pelanggan di seluruh Indonesia.” kata Tatum Ona Kembara, VP Business Growth BlibliMart Category Blibli.

BlibliMart turut mendukung kampanye pemerintah 'Bangga Buatan Indonesia' melalui inisiatif perusahaan, yaitu #KarenaLokalNo1, yang berfokus pada mendorong para pelaku UMKM untuk berjualan secara online.

Blibli membantu para pelaku UMKM berjualan di platform selama pandemi dengan mempercepat prosess pendaftaran, meniadakan komisi serta deposito untuk seller baru, menyediakan modal untuk melakukan pemasaran digital, dan memberikan pelatihan kewirausahaan digital.

“Keberlanjutan bisnis ritel, khususnya UMKM, sangat kritis bagi percepatan pemulihan ekonomi mengingat besarnya kontribusi UMKM baik bagi ekonomi tingkat daerah, dan juga ekonomi tingkat nasional,” lanjut Tatum.

Selain itu, Blibli menyediakan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) untuk seller, dimana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman. Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan seller apabila mereka harus menangani logistik sendiri. 

FBB didukung oleh armada kurir BES serta kehadiran satu warehouse dan dua hub milik Blibli di Sidoarjo dan Sukomannunggal. Secara total, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan seller, jumlah order pada BlibliMart di Jawa Timur juga ikut meningkat sebanyak 2 kali di semester pertama 2020 secara tahun-ke-tahun. Selama pandemi, pelanggan Jawa Timur banyak berbelanja di kelompok produk Keperluan Bayi & Anak, Makanan Instan, dan Sembako, yang menunjukkan bahwa pelanggan Jatim memfokuskan konsumsi mereka pada kebutuhan primer.

Tatum melanjutkan bahwa untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh bagi pelanggan, Blibli menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk Free Delivery dan pengiriman cepat seperti Scheduled Delivery, Same Day Delivery, dan Instant Delivery.

Blibli juga menyediakan opsi pembayaran terlengkap dengan 10 metode pembayaran bersama 38 mitra pembayaran, termasuk PayLater, layanan keuangan berbasis kredit dari Blibli.

Sejalan dengan strategi bisnis perusahaan yaitu “Customer Satisfaction First”, Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES