Ekonomi

Disnakertrans Malut Ekspor 10 Ton Kopra Putih Milik Petani Binaan

Jumat, 15 Januari 2021 - 01:49 | 123.06k
Pelepasan perdana ekspor kopra putih oleh Dinas Nakertrans Malut. (Foto: Dok Dinas Nakertrans)
Pelepasan perdana ekspor kopra putih oleh Dinas Nakertrans Malut. (Foto: Dok Dinas Nakertrans)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ridwan Hasan dan Komisi II DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) melepas secara simbolis eskpor Kopra Putih perdana hasil produksi kelompok binaan Disnakertrans, di Desa Rioribati, Halmahera Barat, Kamis (15/1/2021).

Petani kopra di bawah bimbingan PT. Rumah Kelapa Mekarsari ini sukses memproduksi 10 ton kopra putih untuk diekspor melalui mitra eksportir di Surabaya, Jawa Timur. Pelepasan ini ditandai dengan pemecahan buah kelapa oleh Kadisnakertrans Ridwan Hasan.

Disnakertrans Malut 2

Dalam sambutannya, Ridwan menyampaikan kegiatan pengolahan kopra putih merupakan salah satu program prioritas Dinas Nakertrans dalam upaya untuk memperluas kesempatan kerja sektor informal pedesaan. Sekaligus sebagai jawaban atas permasalahan rendahnya harga kopra di Malut, yang hingga saat ini belum bisa diselesaikan, dan hanya mengikuti mekanisme pasar.

Menurutnya, jika saat ini harga kopra mulai merangkak naik, itu karena mekanisme pasar yang berlaku, belum merupakan upaya intervensi dari pemerintah daerah, dalam hal ini dinas terkait.

"Kita harus melakukan terobosan  untuk dapat mengawal dan mengantisipasi gejolak dan dinamika  harga kopra yang cenderung tidak stabil ini, dan untuk itulah Kopra putih menjadi pilihan  karena memiliki keunggulan dari sisi harga yang lebih Baik dan yang terpenting dapat menyerap tenaga kerja  yang cukup  banyak untuk setiap unit  usaha,"ucap Ridwan

Disnakertrans Malut 3

Diakhir sambutannya, Ridwan berharap pengiriman perdana di tahun 2021 ini menjadi awal yang baik bagi pengembangan unit usaha kopra putih. "Kopra putih sebagai media penyedia tenaga kerja yang sangat baik bagi Maluku Utara kedepannya,"imbuhnya

Tak lupa, mantan Kadis DLH Malut ini memberikan apresiasi kepada Komisi II DPRD dibawah Pimpinan Ishak Naser, yang sangat antusias dan merespon positif pengembangan kopra putih, dengan mengalokasikan Dana Pokir.

Menyaksikan progres dan capaian ini, Ishak Naser merasa puas, pasalnya Dana Pokir yang dipercayakan melalui Disnakertrans dapat termanfaatkan dengan baik serta tepat sasaran.

Ishak berharap, kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan ekonomi dengan teknologi tepat guna yang sederhana seperti ini dapat terus dikembangkan, mengingat potensi buah kelapa dan prospek penyerapan tenaga kerja maka masih sangat membutuhkan ratusan unit-unit seperti yang ada ini.

Dia juga menambahkan, selain  aspek produksi harus juga diperhatikan aspek tata niaga  atau pemasarannya  agar adaya kepastian pasar yang dapat menjamin keadilan bagi semua pihak.

"Petani mendapat hasil yang sepadan dengan jerih payahnya dan pedagang atau pembeli mendapat keuntungan yang wajar . Sehingga tercipta iklim usaha yang sehat  dan berkemanusiaan," kata Ishak saat memberikan sambutan

Yang terpenting, lanjut Ishak, adalah semua upaya ini  dapat menjadi solusi pemberdayaan sekaligus menyerap tenaga kerja atau mengurangi pengangguran di daerah.

Terkait hal itu, Dinas Nakertrans bersinergi dengan PT. Rumah Kelapa Mekarsari sebagai Pendamping, Pembina  Proses Produksi  sekaligus  sebagai Oftaker yang menjamin Pasar bagi Hasil Produksi di seluruh unit binaan.

“Kami siap bersinergi dan menularkan  alih teknologi tepat guna untuk managamen mutu dan system kerja Kopra putih yang baik agar hasilnya optimal dan hemat," kata Abdurrahman Duwila Pendamping Kelompok.

Sementara itu M. Thaib M. Asyik menambahkan bahwa  semua sistem disiapkan dalam bentuk aplikasi, untuk menjawab tantangan era  4.0 dan akan lebih konsen pada kesejahteraan petani kelapa dengan cara yang berkeadilan dan mengupayakan pendanaan melaui jalur jalur yang disediakan pemerintah terutama KUR.

Sebagai informasi, kegiatan Pengolahan Kopra Putih  Binaan Dinas Nakertrans ini sendiri tersebar di beberapa titik pengolahan, diantaranya di Tabanga, desa Rioribati, desa Tabadamai, kecamatan Jailolo Selatan, kemudian di desa Lovra, Kao Barat, Halmahera Utara.

Turut hadir pada pelepasan perdana ekspor kopra putih ini, Komisi II DPRD provinsi Makut, Pejabat elson III dan IV Disnakertrans Malut, dan masyarakat wilayah tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES