Masa Pandemi, Bisnis Kos Eksklusif DParagon Justru Berkembang

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Bagi dunia usaha pandemi Covid-19 memang cukup dirasakan pelaku ekonomi di Indonesia. Namun, ternyata Bisnis Hospitality dan Kos Eksklusif tetap bertahan bahkan mampu berkembang. Salah satu jaringan kost eklsklusif yang menjadi pionir bisnis property dan terbesar di Indonesia DParagon. Perusahaan ini memiliki kiat khusus untuk bisa tetap bertahan meski di tengah masa pandemi Covid-19.
Bisnis yang peduli menjadi strategi pengusaha dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 dengan memperhatikan kondisi sosial di masyarakat, yang kini dirasakan sebagai langkah yang tepat.
Advertisement
Owner Dparagon, Muhammad Syarif Hidayat mengatakan sejak awal pandemi Covid-19 pada Maret 2020 lalu hingga saat ini, pihaknya tetap melakukan bisnis peduli dengan mengutamakan pelayanan konsumen maupun pelanggan. Manajemen perusahaan tetap mempertahankan kinerja karyawan secara yang efektif dan tepat. Apalagi terkait pemasaran dan promosi justru dilakukan dengan program yang adaptif.
"Ya, kuncinya kita peduli, baik kepada pelanggan, maupun karyawan, semua harus efektif dan cerdas bahkan saat promosi pun kita memilih langkah yang adaptif, menyesuaikan dengan aturan dan kebijakan pemerintah," kata Dayat.
Menurutnya, hal yang menarik ketika D’Paragon terus giat berbagi selama masa pandemi. Secara berkala, sampai saat ini kita terus bagi-bagi gratis masker, hand sanitizer, thermometer dan alat pelindung diri (APD) kepada yang membutuhkan, baik warga sekitar, pelanggan hingga petugas di lapangan.
Pelaku usaha ini menyebutkan selain kepedulian, strategi bisnis hingga promosi yang adaptif di era baru pandemi sekarang menjadi faktor penting. Selain itu DParagon juga memiliki program berbagi dalam kegiatan bakti sosial.
DPragon sejak awal juga telah mempelopori penggunaan apilkasi berbasis IT yang mempermudah setiap pemesanan secara online. Hal itu selaras dengan perilaku konsumen yang saat ini lebih merasa aman memesan kamar kost tanpa harus berinteraksi langsung melalui https://dparagon.com/
Dayat menambahkan, pelaku usaha seringkali terjebak sendiri untuk mengiming-imingi konsumennya dengan kata murah, namun tidak memberikan kualitas secara memadai.
"Perilaku konsumen yang melekat dari dulu sampai sekarang kita sama sama tahu akan mencari barang murah. Akibat perilaku konsumen itu akhirnya sering terjadi perang harga sehingga melupakan kualitas yang diberikan kepada konsumen," imbuh Dayat.
Persaingan hal yang wajar di dunia bisnis, namun untuk menyikapi itu DParagon lebih bersikap rasional, karena konsumen memilih produk yang bisa menjamin privasi, kenyamanan sekaligus motivasi atau karakter konsumen.
"Kita berafiliasi dengan djuragan voucher sehingga DParagon tidak hanya mampu memberikan penawaran murah tapi bahkan memberikan penawaran gratis kepada konsumen. Bersama Djuragan Voucher D’PARAGON mampu memberikan program nginep dan ngkost gratis untuk konsumennya tanpa harus menurunkan standar kualitas, imbuhnya.
Pakar Perilaku konsumen, STIE YKPN, Cynthia Manggarani S.E., M.Sc mengatakan perilaku komsumen memang sangat dinamis. Saat ini buyer mengikuti produk-produk yang sehat, aman dan meminimalisir kontak langsung. Para pembeli produk saat ini mempertimbangkan protokol kesehatan secara menyeluruh termasuk konsep hunian yang aman sehat dan bebas covid 19.
Wakil koordinator Bidang Humas Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY ini menambahkan, ada hal menarik ketika perusahaan yang lebih peduli akan kondisi sosial lingkungannya justru bisa menarik saat konsumen memilih produk. Sebab produk yang bersinergi dalam memotivasi atau bagian diri pelanggan maupun konsumen bisa jadi.
"Perilaku konsumen memang menjadi bagian penting saat sebuah perusahaan menentukan harga produk, sebab tak hanya memilih yang sesuai antara harga dan produk, konsumen juga menikmati produk yang berkualitas dan bisa menggambarkan citra dirinya," paparnya.
Memiliki jaringan usaha di sejumlah kota besar mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, hingga Palembang, Royal DParagon Land yang merupakan salah satu pionir kost eksklusif dan terbesar di tanah air kini masih bertahan bahkan justru melebarkan sayapnya ke berbagai daerah. Selain di Jawa dan Sumatera, kini usaha kost eksklusif menyasar pulau Kalimantan.
"Ekonomi ke depan pasti akan segera membaik seiring dengan kondisi pandemi Covid yang mulai teratasi, terlebih saat ini vaksinasi tengah berjalan, rasa percaya dan optomis akan bertemu dan saat itu terjadi sektor pariwisata pasti akan meledak karena selama satu tahun lebih masyarakat tidak bisa kemana-mana. Dan ketika sektor pariwisata meledak tentunya itu adalah angin baik bagi bisnis hospitality," terang Dayat, pemilik kos eksklusif DParagon. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |