Ekonomi

Jala Tech Meluncurkan Kemitraan Tambak Udang Vaname 4.0 Bertajuk “Jala Udang SmartFarm” Sebagai Solusi Peningkatan Hasil

Kamis, 11 Februari 2021 - 09:22 | 264.71k
Jala Tech, sebuah perusahaan rintisan (start up) di bidang akuakultur. (FOTO: Jala Tech)
Jala Tech, sebuah perusahaan rintisan (start up) di bidang akuakultur. (FOTO: Jala Tech)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAJala Tech, start up di bidang akuakultur baru saja meluncurkan program kemitraan “manchise” (management franchise) tambak udang vaname 4.0 sebagai solusi peningkatan hasil budidaya. Program manchise dari Jala bertajuk Jala Udang SmartFarm diluncurkan untuk kegiatan akuakultur yang diawali dari budidaya udang.

Program manchise diluncurkan pertama kali ditandai dengan penanda tanganan nota kesepahaman (MoU) dengan mitra pertama yaitu Audi Yusuf (Safaraz Farm) pada 8 Februari 2021. Peluncuran program manchise bertempat di tambak milik Audi yang berlokasi di Purworejo, Jawa Tengah.

Jala Udang SmartFarm mouPenanda tanganan MoU kemitraan manchise antara CEO Jala (kanan) dan owner Safaraz Farm (kiri)

Akan datang, segera diluncurkan manchise dari Jala Udang SmartFarm di daerah lain bersama mitra yang telah manjalin komunikasi sebelumnya seperti tambak di daerah Garut, Pemalang, dan beberapa tambak di daerah lainnya. Beberapa pihak perusahaan maupun perorangan pelaku budidaya udang telah memutuskan untuk menjalin program kemitraan manchise bertajuk Jala Udang SmartFarm ini.

Manchise atau management franchise berlangsung sebagai bentuk kemitraan yang dijalin oleh Jala dengan pelaku budidaya udang dalam operasional budidaya maupun dalam pembiayaan budidaya. Tambak-tambak udang yang tergabung dalam program manchise, atau yang kemudian disebut sebagai franchise Jala Udang SmartFarm menjalankan budidayanya didukung penuh dengan sistem manajemen budidaya digital milik Jala (Jala Apps), alat penunjang budidaya (Jala Baruno), penyediaan kebutuhan budidaya, maupun dukungan finansial.

Jala Udang SmartFarm accKomitmen dukungan Jala untuk management franchise budidaya Safaraz Farm

Jala Udang SmartFarm lahir semata-mata sebagai bentuk dukungan dan optimisme Jala terhadap target peningkatan produksi udang nasional yang terukur dan memiliki keterlacakan budidaya sehingga mampu bersaing di pasar ekspor. Jala optimis dengan mengadaptasi teknologi digital 4.0 dan IoT yang dipadukan dengan SOP budidaya yang tepat berdasarkan analisa data geografis dan sebaran penyakit diharapkan dapat membantu petambak dalam menganalisa budidaya lebih cepat dan akurat sehingga pengambilan dalam budidaya lebih cermat dan mengoptimalkan hasil panen. Untuk penerapan SOP Budidaya, Jala SmartFarm menggandeng Corporate Shrimp Farm yang sudah berpengalaman dan memiliki kredibilitas baik untuk menyusun SOP budidaya yang sesuai dengan lokasi dan situasi tambak udang yang akan menjadi mitra program manchise.

Program kemitraan Jala Udang SmartFarm diinisiasi sejak 2019 bersama beberapa kelompok petambak udang di Dipasena (Lampung), Banyuwangi, Purworejo, dan Demak sebagai pilot project bernama Tambak Pintar Jala (Jala SmartFarming). Jala memiliki semangat melakukan digitalisasi manajemen budidaya dengan dukungan perkembangan teknologi 4.0 untuk membantu dalam memantau dan mengawal keberhasilan budidaya.

Sekilas tentang Jala Tech

Jala Tech, atau juga familiar disebut dengan Jala merupakan perusahaan (start-up) di bidang akuakultur. Jala berkantor pusat di Yogyakarta. Jala berkomitmen dapat membantu petambak meningkatkan produksinya dengan bantuan teknologi 4.0.

Jala Tech hadir sebagai perusahaan berbasis data untuk akuakultur yang menghasilkan solusi bagi petambak udang agar dapat memantau performa tambak lebih profesional dengan teknologi 4.0. Semangatnya, ingin mengakselerasi digitalisasi di akuakultur dimulai dari udang sehingga menghasilkan peningkatan produksi. Solusi yang dikembangkan Jala mencakup pada proses produksi berlanjut hingga tahap post-produksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES