Ekonomi

Produk UMKM Lokal Jadi Mendunia di MotoGP Mandalika 2022

Jumat, 18 Maret 2022 - 12:05 | 64.06k
Bazaar mandalika di kawasan the mandalika. (foto: Dok. TIMES Indonesia)
Bazaar mandalika di kawasan the mandalika. (foto: Dok. TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, LOMBOK TENGAH – Gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Sehingga, peluang produk-produk lokal dapat dikenal oleh berbagai belahan dunia terbuka lebar.

"Produk UMKM kita bisa lebih dikenal dunia," kata CEO Ladara Nanny Hadi Tjahjanto ketika konferensi pers di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (18/3/2022).

Advertisement

pameran-UMKM.jpg

Menurut Nanny, daya jangkau ajang MotoGP sangat luas, bisa diprediksi bisa mencapai 400 juta orang dari berbagai negara mengikuti acara balap motor tersebut. Dengan masifnya daya jangkau dari ajang tersebut, harusnya dimanfaatkan oleh segenap pelaku UMKM untuk memamerkan setiap produk unggulannya, di setiap kesempatan yang diberikan selama gelaran MotoGP.

UMKM-Lokal.jpg

Dengan begitu, peluang produk UMKM dalam negeri untuk meningkat rasio penjualan produknya dalam satu waktu, akan menjadi semakin terbuka lebar ketika berlangsungnya ajang MotoGP itu. Otomatis, akan berpengaruh langsung terhadap peningkatan taraf hidup dari masing-masing pelaku UMKM di masa mendatang. 

"Insyaallah akan terlihat dan juga dibeli oleh masyarakat luas," kata Nanny. 

Dalam menyikapi hal itu, Nanny mengimbau para pelaku UMKM mempersiapkan produk-produk yang berkualitas, agar dapat menarik perhatian dari berbagai elemen masyarakat baik di dalam maupun luar negeri. Tercapainya hal itu, tentunya akan berpengaruh langsung terhadap pendapatan dari masing-masing pelaku yang akan meningkat secara drastis. 

UMKM-Lokal-b.jpg

Para pelaku UMKM, juga harus terus bersemangat dalam melakukan serangkaian upaya memperkenal produknya kepada khalayak luas, yang dilakukan melalui ajang balap motor internasional paling bergengsi itu yang diselenggarakan selama tiga hari, 18-20 Maret 2022.

"Siapkan diri untuk menjadi tuan rumah. Sebagai tuan rumah sendiri, untuk menghadirkan hasil karya kita, supaya mendunia tentu punya kesempatan banyak," kata Nanny. 

Nanny juga meminta kepada awak media, untuk memberikan informasi yang positif terhadap penyelenggaraan ajang tersebut. Ia meminta agar setiap informasi yang disampaikan dapat menumbuhkan kesan positif bagi produk-produk UMKM yang dijajakan.

UMKM-Lokal-d.jpg "Kita sambut dengan kegembiraan. Dan juga berita-berita yang bagus," ujar Nanny Hadi Tjahjanto, CEO Ladara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES