Ekonomi

Perawatan Mobil di Toyota Kartika Sari Malang Meningkat Saat Lebaran 2022

Rabu, 11 Mei 2022 - 16:46 | 128.24k
Konsumen saat melihat kondisi mobil yang mulai dilakukan perawatan. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Konsumen saat melihat kondisi mobil yang mulai dilakukan perawatan. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, MALANG – Suasana Lebaran 2022 hingga pasca lebaran membuat layanan perawatan (service) mobil di Toyota Kartika Sari Malang meningkat pesat. Dari catatan yang tertera, setidaknya di bulan April 2022 ini perawatan mobil meningkat hingga 30 persen.

"Untuk pasca mudik karena masih sepekan masih kita data. Tapi memang ada kenaikan juga," ujar Koordinator Service Toyota Kartika Sari Malang, Dina Alfian Amalia, Rabu (11/5/2022).

Advertisement

Untuk jam layanan di Toyota Kartika Sari Malang, dibuka seperti hari normal, yakni pada Senin sampai Jumat buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB. Untuk hari Sabtu buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dan hari Minggu buka pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Toyota-Kartika-Sari-2.jpgPara mekanik saat melakukan perawatan mobil. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Kemudian, rata-rata para pemilik mobil khusus Toyota, biasanya melakukan service rutin pasca digunakan perjalanan jauh saat mudik lebaran 2022 ini. Mulai dari Service tune up, pemeriksaan rem hingga pemeriksaan sistem kelistrikan dan kualitas aki.

"Jadi jelas yang dicek pasti rem, sistem pendingin, air aki, air radiator, kampas rem hingga tekanan ban," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bengkel Toyota Kartika Sari Malang, Deny Kristiono membagikan berbagai tips perawatan mobil bagi masyarakat yang usai melakukan perjalanan mudik lebaran 2022.

Pertama, pemeriksaan rem dan minyak rem, karena perjalanan jauh dan berbagai Medan yang dilalui baik macet dan tanjakan maupun turunan, kemungkinan menurunkan performa rem.

Kedua, pemeriksaan kopling untuk mobil manual sama halnya dengan rem, karena pengoperasian di berbagai kondisi pengendaraan kemungkinan performa juga akan menurun.

Toyota-Kartika-Sari-3.jpg

Ketiga, pemeriksaan kualitas dan kuantitas oli mesin, karena oli telah bekerja lebih keras dengan suhu yang lebih tinggi dari biasanya, karena putaran tinggi yang terus menerus berjam-jam dan sebaiknya diganti, karena kemungkinan kotor akibat Karbon dan zat lainnya dari sisa pembakaran.

Keempat, pemeriksaan filter udara busi dan filter bahan bakar untuk dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel. Kelima, pemeriksaan air radiator yang biasanya berkurang setelah mesin bekerja lebih keras.

Terakhir, yakni pemeriksaan kondisi roda baik dari bearing, join dan ban itu sendiri karena berbagai medan dan kondisi jalan yang dilalui sebelumnya memungkinkan adanya oblak atau keausan tidak rata maupun ketahanan ban itu sendiri.

"Jadi beberapa bagian mobil ini memang sangat perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala agar kendaraan tetap nyaman digunakan untuk operasional," bebernya.

Terpisah, Sales Manager Toyota Kartika Sari Malang, Handoko Tri Wicahyo menyampaikan bahwa dengan meningkatnya perawatan mobil di Toyota Kartika Sari Malang ini juga membuat para pelanggan bisa lebih memanfaatkan digitalisasi yang tersedia dalam pelayanan.

Digitalisasi tersebut, yakni dalam pendaftaran layanan perawatan mobil yang bisa dilakukan melalui online by Call Center. Kegunaannya, tentu meminimalisir adanya antrean panjang di show room dan lebih menghemat waktu para pemilik mobil yang melakukan perawatan.

"Mereka mulai banyak yang online memang. Jadi bisa menunggu itu hanya satu jam untuk waktu normal perawatan," katanya.

Para pemilik mobil yang melakukan perawatan, juga bisa menunggu di kafe yang telah tersedia di Toyota Kartika Sari Malang. Sajian kafe berkonsep modern di lantai dua bisa memanjakan para pelanggan agar tidak bingung saat menunggu mobilnya selesai dilakukan perawatan.

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Cahyo itu juga menuturkan bahwa performa dealer dan bengkel Toyota Kartika Sari Malang yang cukup baik, membuat Marketing Director dari Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi dan Fumitaka Kawashima tertarik berkunjung langsung ke Malang.

"Dipilihnya Kartika Sari dalam kunjungan kali ini, karena memang performa dealer dan bengkel kita dinilai sangat baik. Tak disangka, dua bos TAM mau turun langsung melihat dealer kami dan mau mengenakan kaos Arema yang kami berikan saat itu juga. Tentu kami bangga sekali melihat apresiasi tersebut dan juga memberikan dampak positif yang luar biasa kepada kami," pungkas Sales Manager Toyota Kartika Sari Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES