Ekonomi

Ninja Xpress Dukung Percepatan UMKM Go Digital

Rabu, 24 Agustus 2022 - 08:08 | 25.35k
Ilustrasi kurir Ninja Xpress.(Dok.Ninja Xpress)
Ilustrasi kurir Ninja Xpress.(Dok.Ninja Xpress)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM lokal, Ninja Xpress mendukung kolaborasi multi-stakeholder untuk mempercepat UMKM Go Digital pada acara bulan peringatan Hari UMKM Nasional Agustus 2022, Rabu (24/8/2022).

Pada acara ini, Ninja Xpress membantu UKM dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan fasilitas Creative Business Solutions gratis dan mempromosikan produk dari dua UMKM terpilih di booth Ninja Xpress serta melakukan serangkaian kegiatan digital activation.

Advertisement

Layanan Ninja Xpress ini sejalan dengan harapan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada pembukaan peringatan Hari UMKM Nasional 2022 yang menjelaskan pentingnya kerja sama seluruh stakeholder.

"Melalui Hari Nasional UMKM Agustus ini saya ingin mendorong seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, dan asosiasi untuk mewujudkan UMKM Juara dengan percepatan UMKM Go Digital melalui kebijakan nasional ekonomi digital agar digitalisasi ekonomi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen dalam negeri," ungkap Teten.

Teten Masduki mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia mulai pulih yang ditunjukkan dengan pertumbuhan 5.4 persen pada Semester 1/2022. Ia juga menekankan bahwa adopsi teknologi dan inovasi digital berpotensi tingkatkan ketahanan produktivitas dan ekonomi.

NInja-xspres.jpg

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp5.400 triliun pada 2030, terbesar di Asia Tenggara.

Namun sayangnya lebih dari 10 persen produk yang diperdagangkan di e-commerce masih produk impor. Kerjasama multi-stakeholder ini harus dapat memperkuat kapasitas produksi dalam negeri sebagai pasar ekonomi digital yang besar.

Selain itu, Teten Masduki juga mendukung ide perdagangan antar provinsi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi ekonomi global yang lesu dan inflasi yang tinggi.

Menyambut ajakan kolaborasi ini, Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, Ninja Xpress memahami pentingnya kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu meningkatkan produktivitas UKM lokal agar dapat lebih kuat menopang perekonomian bangsa. Sesuai dengan tema peringatan tahun ini ‘UMKM Juara dengan Digital’.

"Kami menyediakan layanan Creative Business Solutions di acara ini untuk mendampingi mereka onboard ke digital serta melakukan digital activation untuk mempromosikan produk shipper di booth Ninja Xpress. Kami berharap penyelenggaraan acara ini dan layanan yang kami berikan dapat memotivasi semangat mereka untuk bangkit menjadi UMKM Juara setelah dilanda pandemi," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM)  pada Maret 2021, UMKM memberikan kontribusi hingga 61.07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Kegiatan bisnis UMKM juga memberikan kesempatan pekerjaan untuk 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Meskipun sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi bangsa semakin kuat, UMKM masih menghadapi banyak tantangan.

Menurut studi Suara UKM Negeri bersama dengan markplus pada tahun 2020, tantangan utamanya adalah pemasaran dan logistik, untuk kembali bangkit pasca pandemi.

Dalam pemasaran, inkonsistensi dalam brand storytelling menjadi salah satu tantangan yang sering ditemui. Ninja Xpress bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut melalui Creative Business Solution, layanan yang disediakan gratis untuk UMKM.

Layanan tersebut terdiri dari produksi foto dan video profesional melalui Creative Hub yang juga dibuka secara gratis bagi semua UMKM pada saat acara berlangsung di Cihampelas Walk, pendekatan ke mega influencer dan bantuan endorsement hingga penyelenggaraan offline dan online event untuk memamerkan barang mereka.

Selama Ramadan 2022, puluhan UMKM telah menikmati layanan ini sehingga berhasil meningkatkan pengiriman barang mereka hingga 40 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Creative Hub, yang merupakan salah satu layanan unggulan dari Creative Business Solutions, kini sudah hadir di lima (5) lokasi, di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Pada kesempatan ini, Ninja Xpress juga memamerkan produk-produk dari dua UMKM terpilih di bazaar yang dihadiri sekitar 80.000 pengunjung yaitu brand Meika dan Beestore. 

Untuk menjangkau calon pembeli yang lebih banyak, Ninja Xpress juga melakukan kegiatan digital activation melalui endorsement dan kehadiran influencer untuk membantu pemasaran produk UMKM tersebut.

Sementara itu, Dadang Sukanda, Head of Business Development Beestore yang turut hadir menyampaikan, “Salah satu hal yang kami butuhkan dalam pengembangan bisnis adalah mitra diskusi untuk mengetahui kebutuhan pasar agar kami tahu strategi yang harus dilakukan dari sisi pemasaran, dan Ninja Xpress menjadi mitra yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut."

Berbagai rangkaian acara turut digelar dalam peringatan Hari UMKM Nasional 2022 seperti Seminar Nasional ‘Memperkuat Profesi Pendamping sebagai Agregator dalam Ekosistem Kewirausahaan Nasional’, lokakarya, Investment Days, perizinan.

Juga ada bazaar yang diikuti oleh 80 stand UMKM dengan potensi pengunjung sekitar 80.0000 orang. Acara peringatan bareng Ninja Xpress ini juga menjadi momen spesial titik balik bangkitnya UMKM karena dapat dilakukan secara tatap muka setelah dua tahun pandemi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES