Ekonomi

Exabytes Indonesia Jangkau UMKM Lokal di Malang  

Kamis, 01 September 2022 - 21:24 | 47.09k
Workshop Exabytes Indonesia bertema UMKM Lokal Siap Go Digital: Jangkau Pelanggan Lebih Luas.
Workshop Exabytes Indonesia bertema UMKM Lokal Siap Go Digital: Jangkau Pelanggan Lebih Luas.

TIMESINDONESIA, MALANGExabytes Indonesia hadir di Kota Malang dan menggelar acara UMKM Pesat Digital, dengan mengusung tema "UMKM Lokal Siap Go Digital: Jangkau Pelanggan Lebih Luas". Acara ini dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, sekaligus menjawab keresahan para pelaku UMKM yang belum mengoptimalkan peran digitalisasi. 

Event yang dihadiri 150 peserta se-Malang Raya secara luring dan 500 peserta secara daring. Event ini merupakan salah satu agenda pemerintah dalam hal pemulihan transformatif adalah dengan meningkatkan jumlah UMKM masuk ke ekosistem digital sebesar 30%, atau 20 juta UMKM ditargetkan Go Digital.

Advertisement

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia yang hadir membuka acara juga mengungkapkan bahwa Kota Malang merupakan kota yang berpotensi untuk mengembangkan UMKM.

“Melihat potensi di Malang yang merupakan kota di peringkat ke-2 di yang memiliki perkembangan UMKM yang sangat pesat di Jawa Timur, sebaiknya sudah mulai dipersiapkan masa depan usaha mereka dengan investasi di pengembangan keahlian digital serta responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi. Merupakan wujud komitmen dari Exabytes Indonesia untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia yang sedang bertransisi ke online dan membutuhkan lokasi berbasis cloud untuk membangun website guna memperkuat kehadiran bisnis mereka di ranah digital," ungkapnya.

Acara UMKM Pesat Digital yang dilaksanakan pada Kamis (1/9/2022), berkolaborasi dengan asosiasi LUNAS Malang Raya (Layanan UMKM Naik Kelas), resmi dibuka oleh Bapak Andry Yunanto selaku Sub. Koor. Pengembangan UMKM Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu yang membagikan informasi mengenai pentingnya para UMKM memahami perihal manajemen produksi, keuangan, kelembagaan dan SDM agar dapat bisa naik kelas. Pemanfaatan media sosial juga perlu dimaksimalkan untuk dapat memperluas jaringan usaha dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

Selain itu, acara UMKM Pesat Digital kali ini menghadirkan para pembicara yang handal di bidang pemasaran digital, fotografi dan desain visual yang merupakan topik-topik menarik untuk diikuti agar menambah wawasan serta keterampilan yang mendukung pengembangan usaha di era digital. 

Ahmad Zakiy Ramadhan turut hadir dengan membawakan topik “Pentingnya Fotografi untuk UMKM di Era Digital”. Ia menyampaikan pentingnya pemasaran suatu brand ditunjang dengan foto yang bagus akan memikat konsumen.

"Teknik pengambilan foto sangat penting dalam meningkatkan pemasaran suatu produk. Meskipun ditunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang sederhana, jika teknik yang digunakan tepat dan juga dengan didukung oleh komposisi pencahayaan yang seimbang, maka foto yang dihasilkan akan lebih berkualitas," katanya. 

Dalam Workshop yang dilaksanakan oleh Exabytes Indonesia, para peserta dapat mempraktekkan langsung dan mendaftarkan domain usaha yang diinginkan. Terlihat antusiasme para peserta sangat tinggi dan aktif bertanya mengenai produk dan layanan dari Exabytes Indonesia yang cocok untuk mereka gunakan dalam membuka serta mengembangkan toko mereka secara daring. 

Exabytes Indonesia sendiri terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari perjalanan sukses UMKM di Indonesia. Selain menyelenggarakan event edukasi tahunan, Exabytes Indonesia juga mengadakan event rutin mingguan yang dapat dihadiri oleh UMKM di seluruh Indonesia melalui siaran langsung secara online via Zoom, Facebook dan YouTube Exabytes Indonesia.

Dengan lebih dari 160.000 klien UMKM, Exabytes Indonesia sudah memiliki pengalaman selama 21 tahun dalam menyediakan solusi bisnis digital all in one. Layanan ini meliputi penyediaan website, hosting, domain, dan berbagai layanan digital lainnya yang dapat menjadi salah satu langkah UMKM dalam transformasi digital. UMKM dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan eksistensi bisnisnya melalui sebuah website yang dikelola dengan optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES