Ekonomi

Varsky Koffie, Dari Segelas Kopi untuk Berjuta Imajinasi

Senin, 03 Oktober 2022 - 14:33 | 26.75k
Owner Varsky koffie sedang berbincang dengan Dr H Fadli Zon, SS, M Sc (Foto: Dok. Varsky Koffie)
Owner Varsky koffie sedang berbincang dengan Dr H Fadli Zon, SS, M Sc (Foto: Dok. Varsky Koffie)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Menjamurnya kafe di Bandung dan kota-kota lain, tentu tak lepas dari peminat dan pencinta kopi yang memang terus meningkat. Kopi digemari berbagai kalangan. Terutama, bagi kaum muda milenial, kopi menjadi menu utama saat nongkrong bersama teman-teman.

Kopi menjadi sebuah sajian 'ritual' yang bisa jadi sebuah pendukung akan suka citanya sebuah pertemuan. Kehadiran kopi membuat suasana ngobrol ngalor-ngidul jadi lengkap. Dengan kopi, aktivitas pertemuan jadi mengasyikkan.

Advertisement

Tak heran bila Varsky Koffie, memiliki tagline 'Segelas Kopi untuk Berjuta Imajinasi'. Ada makna di mana kopi diracik dari tangan barista yang sepenuh hati. maka terciptalah sebuah kopi memiliki cita rasa.

Di balik secangkir kopi terdapat sebuah inspirasi yang bersifat masih misteri. Meracik kopi tentu bisa meracik keajaiban. Jadi, janganlah tunda-tunda untuk meracik keajaiban sebab di balik keajaiban ada sebuah kebahagian.

Andy Iqbal Ghazali, pemilik Varsky Koffie menjelaskan bahwa kopi itu produk yang unik. Itulah alasan dia memilih berbisnis di bidang kopi. 

Andy yang senang bersilaturahmi mengatakan bahwa kopi di Indonesia itu kaya akan mutunya. Banyak pembeli dari luar negeri pun menyukai kopi Indonesia.

Owner-Varsky-koffie-a.jpgVarsky Koffie berfoto dengan pembeli di acara pameran kopi (Foto: Dok. Varsky Koffie)

Apalagi waktu tahun sebelumnya, saatnya Brasil mengalami gagal panen kopi akibat panas terik yang melanda. Kopi dari Indonesia jadi kebanjiran orderan atau permintaan. Bahkan hingga sekarang pun, permintaan kopi Indonesia selalu tinggi. 

Inilah yang menyebabkan owner Varsky Kofie ini selalu semangat bicara kopi. Kopi baginya minuman 'ajaib' yang bisa masuk ke ruang ruang sekat orang-orang di mana pun di negara mana pun. Terlebih bagi penyuka kopi asli Indonesia.

"Belum lagi, manfaat kopi berupa kafein yang bisa menyehatkan jantung," papar Andy yang rutin mengonsumsi kopi tanpa gula sebanyak 600 ml.

Ayah dari 4 putra ini hobi basket dan minum kopi secara rutin ternyata bisa mengimbangi stamina anak-anak muda saat tanding bermain basket. "Dengan kopi, stamina terjaga baik dan jadi selalu berenergi,’ujarnya.

Varsky Koffie pernah ikut perpartisipasi pada acara Festival Kopi Nusantara di Kota Tua Jakarta, beberapa waktu lalu.

Acara akbar tersebut merupakan acara bagi para pencinta kopi, diikuti oleh daerah penghasil kopi unggulan, di antaranya Aceh, Jambi, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Toraja, Papua dan daerah lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Varsky Koffie membawa kopi unggulan Jawa Barat varietas Typica. Varietas ini memiliki karakter dan rasa yang unik.

Varsky-koffie-a.jpgProduk Varsky Koffie. (Foto: Dok. Varsky Koffie)

Kopi yang dipasarkan, lanjut Andy, jenis robusta, arabika, liberika, exelsa. Setiap konsumen memiliki kesukaan tersendiri. Karena itu, Andy selalu menyediakan kopi dari beragam, bahkan hingga kopi gayo dari Aceh pun ia jual.

Varsky Kofie dirintis sejak 2016 dan telah memiliki legalitas PIRT dan halal. Berkat ketekunan Andy dan strategi silaturahmi, sudah banyak kemitraan yang berjalan dengan berbagai kafe, seperti Orange steak, v60 coffee roastery, ngakalin kambing, konaah, contour coffee, coffee daily, 24hrs, kopi kenangan, dan lain-lain.

"Itu belum termasuk reseller yang saya bentuk. Banyak teman, relasi, saudara yang akhirnya bergabung untuk menjualkan kopi saya. Cara penjualan ke orang per orang tentunya berbeda dan membutuhkan kiat pendekatan tersendiri," ucap Andy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES