Ekonomi

Sidomulyo Floral Festival, Pemantik Kebangkitan Bisnis Tanaman Hias

Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:28 | 25.52k
Sidomulyo Floral Festival, Pemantik Kebangkitan Bisnis Tanaman Hias
Lomba hias kampung menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sebuah gelaran istimewa, Sidomulyo Floral Festival (SFF) 2022, sebuah pemantik kebangkitan bisnis tanaman hias digelar oleh warga Desa Sidomulyo, Kota Batu tanggal 21 hingga 29 Oktober 2022 mendatang.

Semua pesona tanaman hias, bisa dinikmati wisatawan dan pecinta tanaman hias di Kampung Wisata Bunga Sidomulyo.

Serangkaian kegiatan akan dilaksanakan dalam even yang diselenggarakan untuk menyambut hari ulang tahun Kota Batu yang ke-21 dan Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafsnas) ini.

Lomba-hias-kampung-b.jpg

"Kita rajut beragam rangkaian kegiatan untuk mempromosikan potensi tanaman hias yang menjadi mata pencaharian mayoritas penduduk Desa Sidomulyo," ujar Ketua Panitia SFF 2022, Dwi Lili Indayani SP MSc.

Beragam kegiatan akan dilaksanakan, mulai dari lomba hias kampung, lomba dekorasi taman (landscape), lomba fotografi, lomba videografi, lomba fashion anak dan remaja, lomba fashion carnival, lomba floral culinary, lomba merangkai bunga, lomba dekorasi pelaminan, dan lomba floral bride make up.

Selain itu, diselenggarakan juga expo landscape, make up artist, dan dekorasi pelaminan, dan bazaar floral culinary.

"Kita juga bekerjasama dengan pelaku kopi untuk memberikan pelatihan barista gratis bagi warga Desa Sidomulo yang ingin belajar meracik aneka suguhan kopi kekinian," ujar wanita yang akrab dipanggil Lili ini.

Dalam SFF juga diselenggarakan lomba cipta menu floral culinary. Menariknya kreasi menu terbaik dalam lomba ini akan dipilih untuk menjadi bagian dari menu andalan kafe Mall Bunga Sidomulyo.

Menurut Lili, kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Desa Sidomulyo (BUMDES) Mulyo Joyo ini mengusung tema Wonderland Sidomulyo.

Lomba-hias-kampung-c.jpg

Kegiatan yang juga merupakan salah satu rangkaian acara Oktober Fest Gekrafs Batu ini akan dibuka pada 22 Oktober 2022 dengan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Jawa Timur, serta Wali Kota Batu.

"Festival akan kita ditutup pada 29 Oktober 2022 sekaligus dengan launching laman e-commerce mallbungakotabatu.com, yaitu laman komersil daring tanaman hias pertama di Kota Batu," ujar Lili.

Sidomulyo Floral Festival tidak hanya menjadi ajang promosi dan pesta rakyat, namun juga menjadi harapan dari Desa Sidomulyo agar bisnis tanaman hias didesa ini semakin moncer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES