Ekonomi

Penjualan Pet Food Meningkat Dua Kali Lipat

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 23:56 | 32.85k
Penjualan Pet Food Meningkat Dua Kali Lipat
CPPETINDO Businees Unit Head, Ahmad Fachrur Rivai dan Tatjana Saphira saat acara 4th CLEOversary di Artotel TS Suites Surabaya, Sabtu (22/10/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Industri pet supplies terus mengalami pertumbuhan dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan data ID Price, angka penjualan pet food meningkat dua kali lipat dalam dua tahun terakhir. Atau sekitar 116 persen. 

PT Centralwindu Sejati atau CPPETINDO sebagai produsen makanan kucing merek Cleo bahkan menorehkan angka memuaskan.

"Tumbuh signifikan," terang CPPETINDO Businees Unit Head, Ahmad Fachrur Rivai saat acara 4th CLEOversary di Artotel TS Suites Surabaya, Sabtu (22/10/2022). 

CLEOversary-2.jpgTatjana Saphira saat talkshow pada acara 4th CLEOversary di Artotel TS Suites Surabaya, Sabtu (22/10/2022). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Salah satu faktor pendorong pertumbuhan penjualan tersebut adalah komitmen perusahaan untuk membangun ekosistem pendukung. Cleo juga memiliki beberapa program berkelanjutan menggandeng institusi, dokter hewan, pet lovers dan komunitas. Serta memanfaatkan peran media sosial secara massif. 

CPPETINDO sendiri memiliki dua produk cat food Bolt dan Cleo. Di mana Bolt diklaim telah menjadi market leader makanan kucing di Indonesia. Sedangkan Cleo merupakan produk baru yang digadang menjadi next big things. 

"Menurut saya, Indonesia potensinya besar," tandasnya. 

Selain itu, CPPETINDO juga melakukan penjajakan pasar ekspor ke Malaysia dan Brunei Darussalam. 

"Tahun lalu kita pecah telor kirim ke Brunei. Tahun ini kita ke Malaysia," ungkapnya. 

Ahmad mengakui, jika nilai ekspor tersebut memang belum seberapa banyak. Komposisi ekspor sendiri belum mendekati angka 10 persen. 

Pada tahap pertama November lalu misalnya, CPPETINDO hanya mengekspor 10 ton makanan kucing dengan merek Bolt dan Cleo produksi CP Prima dengan satu truk kontainer ke Brunei Darussalam.

Menurut Ahmad, tantangan ekspor paling berat adalah menyesuaikan persyaratan di negara tujuan. Baik secara legalitas maupun spek produk. 

"Makanya konsep local wisdom juga kita sesuaikan," tandasnya. 

"Ini pekerjaan rumah besar bagi kita," ucapnya. 

Kendati demikian, CPPETINDO optimistis menebar jala di pasar internasional. Karena potensi industri pet food di sana hampir sama dengan Indonesia. 

Setelah berhasil menembus dua pasar tersebut, Ahmad mengatakan, CPPETINDO siap melebar jaring ke negara-negara lain.

"Sementara ini objektif ke ASEAN. Kita juga lagi jajaki moslem county karena kita tahu buat  makanan kucing biasanya basednya moslem country," katanya.

Ulang Tahun ke-4 Cleo Undang Tatjana

Ulang tahun kali ini, Cleo membuat serangkaian kegiatan menarik dengan melibatkan para stakeholder dalam rangka membangun ekosistem di pet food industry 

Pada kesempatan tersebut, Cleo memaparkan milestone 4 tahun program kerja beserta rencana tahun mendatang. Cleo juga memberikan apresiasi kepada para business partner seperti distributor dan agen. 

Selain itu, Cleo juga menggelar talkshow seputar domestic cat issue dengan bintang tamu Tatjana Saphira, artis kenamaan pecinta kucing. Tatjana juga didapuk sebagai juri cat fashion show dan cat photoshoot pada acara Cleo's Next Top Model. 

Tatjana mengaku senang dapat hadir dalam acara tersebut. Ia bercerita banyak tentang pengalaman merawat dua kucing kesayangan bernama George dan Gogo. Dua kucing tersebut memiliki karakter berbeda.

"Kalau Gogo kalem suka menyendiri, sedangkan George lebih aktif," kata Tatjana.

Agar dua hewan kesayangannya tumbuh sehat, Tatjana selalu memberikan makanan bernutrisi seperti produk Cleo.

Oleh karena itu, Tatjana merasa bangga dapat hadir di tengah para pet lovers pada ulang tahun ke-4 Cleo di Surabaya. Mereka bisa saling bertukar cerita dan pengalaman.

Hadir di Tengah Ekosistem Industri

Mengangkat tema We Are Here 4 You, Cleo berusaha hadir di tengah ekosistem pet food industry untuk saling mendukung dan membantu serta memberikan solusi pada setiap isu yang ada. 

Cleo juga menunjukkan kepedulian terhadap isu kesehatan dan kesejahteraan hewan melalui vaksin dan steril gratis di 10 kota di Indonesia termasuk Surabaya bekerja sama dengan pet shop partner Cleo. 

Tidak hanya itu, Cleo pun meluncurkan website sebagai platform adopsi kucing untuk mempertemukan kucing dengan pemilik dan rumah baru yang lebih layak. Program ini dibungkus dalam tajuk 3CP atau Cleo Cat Care Program bekerja sama dengan beberapa shelter. 

Selebrasi acara ulang tahun ini turut berkolaborasi dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI). Kerja sama ini membuahkan Cleo Special Package. Paket makanan kucing produksi CPPETINDO ini dilengkapi dengan buah karya berupa kalung kucing hasil karya HWDI. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES