Ekonomi Indonesia Bangkit

Tingkatkan Daya Saing, Patriot Desa Dukung UMKM Kabupaten Majalengka Terus Berinovasi

Jumat, 28 Oktober 2022 - 13:36 | 11.68k
Tingkatkan Daya Saing, Patriot Desa Dukung UMKM Kabupaten Majalengka Terus Berinovasi
Patriot desa Kabupaten Majalengka bersama para pelaku UMKM menggelar sosialisasi peningkatan ekonomi usaha. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Majalengka Jawa Barat, diupayakan untuk ‎terus berinovasi untuk meningkatkan daya saing. 

Caranya bermacam-macam, diantaranya terus menerus meningkatkan kualitas produk, varian praduk dan lain sebagainya. Termasuk soal kepengurusan yang sifatnya administrasi dan ijin usaha, untuk mempermudah dukungan dana dari pihak luar. 

Oleh karenanya, Patriot Desa se-Majalengka‎ saat ini tengah menjajaki untuk mengandeng, membimbing dan mengarahkan para UMKM di sejumlah kecamatan. Salah satunya di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka. Saat ini telah terbentuk Forum UMKM Tingkat Kecamatan Cigasong. 

UMKM-Kabupaten-Majalengka-2.jpg

Kordinator Patriot Desa se-Kabupaten Majalengka, Hasim mengatakan, pihaknya mendorong para pelaku UMKM yang ada di setiap kecamatan terus berinovasi dan memperbaharui setiap produk dan memperbanyak varian, serta tak lupa untuk rajin berpromosi di sosial media. 

"Saat ini baru di wilayah Kecamatan Cigasong saja. Insya Allah kecamatan lainnya menyusul. Intinya, kami dari patriot desa siap membantu, membimbing, mencari solusi supaya produk-produk UKM kita tumbuh pesat dan siap bersaing secara nasional," ungkapnya, Jumat, (28/10/2022). 

Hasim menambahkan, ‎dalam kegiatan di wilayah Cigasong ini, Patriot Desa Majalengka membuka akses belajar bagi semua pelaku usaha UMKM se Kecamatan Cigasong dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya. 

"Kami pun menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidang usaha, juga pelaku UKM lokal yang memasarkan produk-produk asli Majalengka," ungkapnya. 

Hasim menambahkan, Patriot Desa merupakan salah satu program unggulan DPMD Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan visi Jabar Juara lahir bathin melalui peran Patriot Desa sebagai integrator akselarator dan komunikator.

"Fungsinya ,mendorong masyarakat sebagai penggerak lokal, untuk dapat mengelola potensi yang ada di desa, baik sosial, ekonomi dan lingkungan," ujarnya.

‎Camat Cigasong, Supartinyngsih mengatakan, pihaknya menyambut baik acara tersebut. Pihak Kecamatan Cigasong juga mendorong UMKM di wilayahnya bisa bersaing di tingkat nasional. Saat ini, produk unggulan yang sudah bisa dikatakan bersaing yakni produk Kecap Majalengka. 

"Pihak kecamatan Cigasong tentu sangat mendukung, apalagi ini berkaitan dengan usaha kecil dan menengah, yang memunculkan potensi dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi para pelakunya," ungkapnya. 

UMKM-Kabupaten-Majalengka-3.jpg

Camat menambahkan, hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat untuk bangkit dari ekonomi usai masa pandemi Covid-19. Salah satu upaya untuk mewujudkan geliat ekonomi di tingkat lokal, salah satunya yakni dengan terus menggandeng, mendampingi dan membimbing para pelaku usaha.

"Upaya ini sejalan untuk menggeliatkan ekonomi di tingkat desa dan kelurahan. Saat ini kita sedang menuju pemulihan ekonomi," ungkapnya. 

Sementara itu, ‎selain peningkatan kapasitas para pelaku UMKM, kegiatan tersebut juga menghadirkan, AO Mesra Bank BJB Kabupaten Majalengka yakni Erwin Setiawan. Pihaknya memberikan informasi dan sosialisasi tentang bagaimana mencari dan mendapatkan kemudahan permodalan untuk para pelaku UMKM. 

‎"UMKM dihadapkan pada kendala seperti pemasaran, legalitas juga permodalan. Namun, jangan takut, setiap kendala selalu ada solusi.  Kita dari pihak perbankan menginginkan para pelaku usaha di wilayah Kabupaten Majalengka, juga lingkup kecamatan Cigasong bisa tumbuh dan berkembang," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES