Ekonomi

Perluas Pasar di Indonesia, Exotel India Gabung ke ICXP

Kamis, 17 November 2022 - 08:40 | 24.26k
Ketua Umum ICXP Sri Safitri bersama CEO Exotel Shivakumar Ganesan. (Foto: ICXP for TIMES Indonesia)
Ketua Umum ICXP Sri Safitri bersama CEO Exotel Shivakumar Ganesan. (Foto: ICXP for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Indonesia Customer Experience Professionals (ICXP), asosiasi profesional pengalaman kustomer di Indonesia, memperoleh anggota baru dari India, Exotel.

Kabar membanggakan ini diperoleh setelah Exotel berinisiatif memperluas dan menjangkau pasar negara berkembang, terutama di kawasan Asia-Pasifik.

Shivakumar Ganesan, Co-Founder dan CEO, Exotel, mengatakan, langkah ini ditempuh karena Indonesia adalah negara kunci bagi Exotel yakni pasar terbesar kedua perusahaan beroperasi.

"Bermitra dengan ICXP merupakan tonggak utama dalam perjalanan Exotel dengan Indonesia, karena memungkinkan peningkatan kolaborasi untuk memajukan manajemen keterlibatan pelanggan di Indonesia," kata Shivakumar dalam keterangan pers, Kamis (17/11/2022).

Exotel adalah penyedia platform keterlibatan pelanggan atau Customer Engagement Platform (CEP) yang lengkap dan terkemuka di pasar berkembang dan berfokus layanan virtual operator telekomunikasi dan start up. Didirikan pada tahun 2011, layanan mereka telah melibatkan 50 juta interaksi dari lebih 6.000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Ketua-Umum-ICXP-Sri-Safitri-a.jpg

Saat ini, beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang menjadi customer mereka. Seperti Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju's, Urban Company, HDFC Bank, Zomato, Oyo, dan lainnya.

Shivakumar melanjutkan, setelah gabung ICXP, pihaknya berencana mendirikan kantor di Jakarta setahun ke depan. Hal ini perlu karena berbagi ikatan budaya, sejarah, dan perjalanan Indonesia harus terus dilakukan guna meningkatkan skala digital perusahaan secara eksponensial.

Terlebih, era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi karena membuat pengalaman pelanggan berfungsi lebih penting dari sebelumnya.

"Apalagi persaingan semua industri makin meningkat. Kami berharap kerjasama dengan ICXP ini, maka akan mudah bagi kami mempromosikan praktik terbaru dan terbaik dalam manajemen pengalaman pelanggan,” kata dia.

Ketua Umum ICXP Sri Safitri mengatakan, pihaknya bangga dengan keterlibatan anggota baru yang sangat berpengalaman di dunia CX. Hal tersebut akan makin meneguhkan eksistensi sekaligus pengaruah dari asosiasi profesi tersebut.

"Apalagi ini era kolaborasi, kita tidak bisa unggul, sulit jika sendiri-sendiri. Apa yang bisa diberikan satu sama lainnya, itu yang akan menguatkan para praktisi CX di tanah air untuk menjaga pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Sri.

Ketua-Umum-ICXP-Sri-Safitri-b.jpg

Exotel, kata dia, melengkapi komposisi anggotanya yang sebagian berasal dari industri yang melayani end user sementara Exotel dari sisi penyedia layanan akan menciptakan interaksi dan sinergi yang bermanfaat dalam lanskap CX di tanah air.

ICXP sendiri pertama diresmikan 9 September 2021 lalu oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, beranggotakan banyak praktisi CX terkemuka tanah air. Selain Ketua Umum Sri Safitri yang memiliki jejak rekam panjang di PT Telkom, juga ada Sekretaris Rudy Dalimunthe sebagai SVP CX Tokopedia serta Bendahara Cut Noosy (Direktur CX Grab Indonesia).

Bertindak sebagai pengawas adalah Eva Noor (CEO Xynesis International), Helmi Yahya (Dirut TVRI 2017-2020), dan Ahmad Nugraha (Country Manager Qfree 2013-2019).

ICXP adalah organisasi yang merangkul para profesional di bidang CX yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing global (khususnya di bidang CX) untuk mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

ICXP juga telah menyelenggarakan kegiatan online webinar untuk industri Retail dengan tema 'Reinventing CX to Boost Retail Growth in The New Normal Era' dan dihadiri oleh 800 partisipan dari beragam perusahaan yang antusias untuk menyimak CX insight serta berdiskusi dengan para pembicara dari kalangan CX expert yang bisnisnya sukses dan terbukti melalui fokus prioritasnya terhadap aspek Customer Experience. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES