Ekonomi G20 Indonesia

KTT G20 Indonesia Bawa Tingkatkan Pariwisata Bali

Kamis, 17 November 2022 - 21:30 | 11.49k
KTT G20 Indonesia Bawa Tingkatkan Pariwisata Bali
Para pengunjung memilih oleh-oleh pasca kegiatan KTT G20 Indonesia 2022 di Joger, Kita, Badung, Bali.(Foto: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – KTT G20 Indonesia 2022 secara resmi telah berakhir. Even dunia ini membawa dampak yang signifikan bagi perekonomian di Bali.

Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan rangkaian kegiatan Presidensi Indonesia G20 memberikan dampak yang besar dalam pemulihan sektor pariwisata di Tanah Air. 

KTT G20 Indonesia 2022 menjadi pendorong kuat bagi pulihnya sektor pariwisata Indonesia.

"Lonjakan keterisian penginapan di Bali meningkat, ini multiplier effect di industri pariwisata," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

Sandiaga menyampaikan transportasi darat, laut, udara, biro perjalanan, perhotelan, sampai restoran semuanya terdampak positif. Hal ini, menurutnya, mendorong pada terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja baru yang berkualitas.

"Sektor UMKM juga merasakan dampaknya seperti objek wisata, pemandu wisata, kuliner daerah setempat, kerajinan, serta cenderamata," tutur Sandiaga.

Sandiaga optimistis devisa sektor pariwisata bisa mencapai target US$ 1,7 miliar dolar atau setara dengan Rp 26,35 triliun (kurs Rp 15.502). Tidak hanya dilihat dari penyelenggaraan KTT G20, tapi juga berbagai perhelatan Internasional lainnya di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES