Ekonomi

Mobil UMKM Sudimoro Nyawiji, Cara Karang Taruna Dongkrak Ekonomi Warga Pacitan

Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:05 | 44.21k
Suasana saat produk UMKM kripik dipajang mobil UMKM Sudimoro Nyawiji terta rapi dan salah satu penjual menunjukan produk UMKM (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)
Suasana saat produk UMKM kripik dipajang mobil UMKM Sudimoro Nyawiji terta rapi dan salah satu penjual menunjukan produk UMKM (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Melalui mobil UMKM Sudimoro Nyawiji, Karang Taruna bersama Pemerintah Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan, Jawa Timur mendongkrak ekonomi masyarakat menuju pangsa pasar luas.

Sekretaris Karang Taruna Sudimoro Fataqul Huda (28) saat mengikuti event hari Aids Sedunia di Pendopo Pacitan mengaku, pihaknya memasarkan produk UMKM yang dimiliki wilayah perbatasan dengan Kabupaten Trenggalek itu kurang lebih sudah satu tahun dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.

Advertisement

"Kurang lebih satu tahun, kami mencoba berinovasi bagaimana memasarkan produk UMKM dari warga Sudimoro. Kami pingin mengenalkan bahwa Sudimoro itu memiliki banyak potensi dan prodruk umkm yang dapat dijual, sebab  dari sisi kualitas barangnya pun tidak kalah saing dari pada daerah lainnya," katanya, Sabtu (3/12/2022).

mobil-UMKM-Sudimoro-Nyawiji-a.jpgMobil UMKM Sudimoro Nyawiji yang digunakan promosi dan penjualan (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

Sebab, kata Fataqul Huda menambahkan sebelum adanya mobil UMKM tersebut produksen yang ada di Sudimoro belum mempunyai akses penjualan ditambah keterbatasan segi komunikasi dan jaringan kepada pasar yang lebih luas kurang, segi penjualanya pun masih secara manual hanya melalui toko-toko sekitar.

"Jadi masyarakat kami sebetulnya memiliki potensi besar untuk geliat UMKM, namun kendalanya mereka kurang memiliki jaringan dan cara membranding produk agar berkualitas dimata konsumen dan menimbulkan ketertarikan untuk membeli," imbuhnya.

Sehingga sejak awal tahun 2022 pihaknya mulai melakukan pendampingin kepada UMKM cara packaging produk, branding hingga bekerjasama memperkenalkan sekaligus menjualkan hasil olahan masyarakat kepada wilayah lebih luas.

"Nah itu Karang Taruna didukung penuh Camat Sudimoro (Khemal Pandu Pratikna), berinisiatif untuk membantu secara promosi atau branding dan pengemasan. Sehingga produk dari masyarakat meskipun sederhana tapi memiliki daya tarik untuk konsumen atau berkualitas," terangnya.

Misalnya di setiap event, Fataqul Huda bersama pengurus Karang Taruna dibantu setaf Kecamatan tak pernah absen memasarkan produk UMKM mulai dari jamu, kripik, tas, minuman, dan beberapa produk lainnya.

Bahkan ke depan demi mendongkrak geliat UMKM dari ujung timur kota kelahiran Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu akan memasarkan disetiap objek wisata di Pacitan dan Kabupaten Trenggalek.

Produk-UMKM-Sudimoro-Nyawiji-a.jpgProduk UMKM dari Sudimoro tampak rapi dan berkualitas (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

"Banyak UMKM yang kami pasarkan asli produk dari Sudimoro ada jamu, minuman, tas, kripik atau makanan ringan dan beberapa lainnya. Target kami kedepan akan memasarkan memakai mobil ini di setiap objek wisata yang ada," ucapnya.

Selain mempercepat sisi pendapatan pun dapat memperkenalkan produk UMKM kepada wisatawan dari luar daerah Kabupaten Pacitan,"ya tentu manfaatnya banyak selain memperkenalkan produk UMKM, segi penjualannya makin besar," kata Fataqul Huda.

Dia berharap dengan upaya yang telah dilakukan UMKM di Kecamatan Sudimoro dapat berkembang pesat ekonomi masyarakat bangkit sehingga Pacitan Sejahtera dan bahagia.

Sementara Camat Sudimoro Khemal Pandu Pratikna selain meningkatkan ekonomi masyarakat juga sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada misi ketiga yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor agraris, sektor pariwisata dan sektor unggulan lainnya.

"Alhamdulilah berjalan dengan lancar hingga saat ini dengan semangat Nyawiji program tersebut sebagai upaya menjalankan visi dan misi Bupati Pacitan terutama misi ke-3," terangnya.

Tak lupa pria cebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu mewakili masyarakat Kecamatan Sudimoro mengucapkan terimakasihnya kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang telah memsupport dan memfasilitasi sehingga program UMKM tersebut dapat terlaksana dengan lancar.

"Mewakili masyarakat Sudimoro saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pacitan yang telah mensupport dan memfasilitasi sehingga program tersebut dapat terlaksana, semoga yang kami ikhtiarkan dapat bermanfaat untuk masyarakat," ucapanya terkait program mobil UMKM di Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES