Ekonomi

Mengenal Soda POS, Aplikasi Manajemen Bisnis untuk Atasi Masalah Pelaku Usaha

Kamis, 05 Januari 2023 - 12:36 | 135.80k
Tim Soda POS ketika mendampingi penggunaan Aplikasi Soda POS kepada pelaku usaha peserta Expo UMKM Nahdliyin di Stadion Kridosono Kota Yogyakarta pada Desember 2022. (FOTO: Dok. Khalid)
Tim Soda POS ketika mendampingi penggunaan Aplikasi Soda POS kepada pelaku usaha peserta Expo UMKM Nahdliyin di Stadion Kridosono Kota Yogyakarta pada Desember 2022. (FOTO: Dok. Khalid)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Teknologi informasi karya anak bangsa kembali hadir di tengah masyarakat. Teknologi itu adalah aplikasi yang dinamai Solusi Dagang Point Of Sale atau Soda POS.

Teknologi yang digagas oleh Abdul Khalik ini bertujuan untuk mengurai berbagai masalah yang kerap dialami oleh para pelaku usaha.

Dengan menggunakan aplikasi Soda POS, maka para pemilik usaha tidak perlu lagi pusing memikirkan manajemen bisnis dan masalah keuangan meliputi uang masuk keluar hasil penjualan, keuntungan hasil penjualan, stok barang hingga manajemen pegawai.

Hal itu karena semua kegiatan usaha akan dicatat dalam bentuk digitalisasi. Dengan Soda POS, pelaku usaha akan lebih mudah mengontrol dan mengendalikan manajemen usahanya.

"Sebab, semua akan tercatat dengan teknologi digital Soda POS. Sehingga, pemilik usaha akan lebih mengetahui perkembangan bisnisnya," kata CEO Soda POS, Abdul Khalid kepada TIMES Indonesia, Kamis (5/1/2023).

Khalid pun menceritakan asal mula menciptakan Soda POS. Menurutnya, teknologi digital ini dibuat atas pemikiran banyaknya pelaku usaha makanan, minuman, dan busana yang mengalami kegelisahan karena kurang optimal dalam mengelola bisnisnya.

Soda-POS-2.jpg

Kegelisahan dan masalah yang dimaksud seperti pemilik usaha sering menemui ketidaksesuaian data transaksi dengan stok barang, laporan keuangan sering mengalami kesalahan dan sulit memantau arus stok barang dagangan.

Juga, banyak pemilik usaha yang kehilangan pelanggan karena layanan dan kualitas barang dagangan tidak konsisten hingga sulit mengontrol kualitas kinerja karyawan secara real time.

"Akibatnya, pemilik usaha waktunya banyak yang terbuang karena harus mengurusi segala sesuatu secara manual. Imbas lain, usaha juga sulit berkembang bahkan gulung tikar karena manajemennya kurang baik," tandas Khalid.

Nah, dengan Soda POS, para pelaku usaha kini tidak perlu khawatir dan repot lagi mengelola usaha dengan cara manual. Sebab, aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang dapat memudahkan pemilik usaha untuk mengatasi berbagai masalah yang muncul dalam bisnisnya.

Antara lain, memiliki fitur manajemen toko (outlet), manajemen pelanggan (membership & loyalty point, manajemen pesanan, memonitor order untuk bar/kitchen (paperless).

Juga, manajemen stok barang dagangan, manajemen karyawan (keuangan dan absensi), terintegrasi dengan supplier sekitar, integrasi fintech (pembiayaan usaha), dan Helpdesk 24 jam.

"Soda POS hadir untuk menjawab semua permasalahan diatas. Soda POS sebuah aplikasi kasir yang memberikan solusi dagang bagi para pelaku usaha retail," ungkap Khalid.

Dengan memakai Soda POS, para pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan dan solusi atas berbagai masalah yang dialaminya. Sebab, bisnis yang dijalankan akan lebih mudah dikontrol, terukur, dan usaha dapat lebih mudah dikembangkan lebih besar lagi.

"Soda POS dapat diakses oleh pemilik usaha melalui smartphone. Saat ini, Soda POS telah membantu ratusan outlet dari puluhan brand yang ada di tanah air. Sebab, dengan memakai aplikasi Soda POS maka akan mengatasi berbagai kecemasan dan masalah yang dialami oleh para pelaku usaha," tandas Khalid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES