Ekonomi

Pasarkan Seri Premium di Jatim, LG Genjot Penjualan Kulkas Selama Ramadan 

Selasa, 21 Maret 2023 - 10:40 | 103.04k
Model menunjukkan koleksi terbaru LG Macaron di Hartono Elektronik Surabaya, Selasa (21/3/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Model menunjukkan koleksi terbaru LG Macaron di Hartono Elektronik Surabaya, Selasa (21/3/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT LG Electronics mulai melakukan penetrasi sejumlah produk inovatif terbaru di Surabaya. Seperti televisi, kulkas dan air conditioner atau AC. 

Ketiga produk ini sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Karena didesain premium mulai dari gaya dan warna serta pertimbangan aspek kesehatan. Produk-produk teranyar itu adalah TV LG OLED Objet Collection Pose, Kulkas LG Macaroon dan AC New Eco. 

Branch Manager Surabaya Area for LG Electronics Indonesia, Victorio Mandolang optimistis ketiga produk baru ini siap bersaing dan dapat terserap di pasar. 

"Karena masing-masing produk kita punya market sendiri," ungkapnya di Hartono Elektronik Surabaya, Selasa (21/3/2023). 

Bukan tanpa alasan jika seri premium siap menyasar Jatim sejak masuk ke Indonesia beberapa waktu lalu. Victorio mengatakan, jika selama ini penjualan LG di Jatim sangat agresif. Misal, untuk televisi memberikan kontribusi paling besar. Kemudian diikuti kulkas dan AC. 

"Kontribusi televisi kisaran 30 persenan dari seluruh penjualan di Jatim. Kedua kulkas, lalu mesin cuci dan AC," ujarnya. 

Victorio merinci, kulkas merupakan kontributor penjualan tertinggi. Apalagi setiap Ramadan-Idul Fitri seperti saat ini. Momentum bulan puasa membuat alat pendingin elektronik ini laris manis di pasaran. 

"Ada kenaikan permintaan kulkas saat Ramadan dibandingkan hari normal. Biasanya sekitar 20-30 persen," ucapnya. 

Kategori kulkas dua pintu small sejauh ini paling banyak laku dengan harga terendah sekitar Rp3,2 jutaan. Namun Victorio optimistis seri premium juga memiliki pasar tersendiri. 

Maka, untuk Ramadan, LG akan menggenjot penjualan produk home appliances atau peralatan rumah tangga seperti kulkas dan AC dengan menghadirkan Promo Berkah Ramadan mulai 22 Maret besok. 

"Sedangkan untuk televisi kita juga sudah jalan promo Light up Your Ramadan," sambung Victorio. 

Sementara tentang kesiapan pemasaran koleksi terbarunya ini di Area Jatim, Victorio Mandolang menyatakan, ketersediaan produk tersebar di sejumlah toko besar elektronik dan akan meluas kemudian pada jaringan distribusi dealer mitra LG. 

Sebagai dukungan pada pemasaran ini, LG juga telah menyiapkan jaringan layanan purna jual agar dapat lebih cepat dalam melayani kebutuhan informasi produk maupun layanan terkait penggunaannya nanti.

“Berbagai program promosi pun telah dan tengah kami rancang sepanjang periode pemasaran perdana ini," tandasnya.

Seluruh kesiapan yang mengimbangi berbagai penawaran inovasi dalam masing-masing produk terbaru LG, Victorio yakin makin mempermudah langkah mendapatkan respon positif dari masyarakat. 

Victorio mengungkapkan, kehadiran seri premium ini mengakomodir peningkatan gaya hidup masyarakat di kota besar seperti Surabaya. Karena, rata-rata kaum urban memilih produk elektronik fungsional dan bernilai seni. 

Bukan hanya itu saja. Penilaian konsumen menyangkut pada keseluruhan aspek desain juga berkaca pada faktor kesehatan. Hal ini mendasari keputusan LG membawa koleksi lengkap produk terbarunya di tahun ini, khususnya bagi pasar Surabaya dan sekitarnya.   

Namun demikian, menurutnya, bukan berarti LG hanya membawa jajaran seri produk premium. Tapi juga seri middle

Patahkan Stigma Posisi TV di Tengah Ruangan 

Aspek tampilan desain menjadi salah satu keunggulan LG dalam tiap produknya. Termasuk dalam koleksi TV LG OLED Objet Collection Pose. 

Kehadiran TV OLED Objet Collection Pose benar-benar mewakili kelahirannya dari seri LG Objet Collection. Televisi ini mengedepankan nuansa seni tinggi mengimbangi performa yang dibawa masing-masing produknya. 

Victorio memastikan, kemampuan reproduksi gambar tak perlu diragukan. TV 4K OLED Objet Collection Pose ini dilengkapi dengan dukungan prosesor pintar terbaru LG Alpha 9 Gen 5 beserta dukungan Dolby Atmos, Dolby Vision dan juga dukungan HDMI 2.1. 

“Yang lebih membuatnya spesial ada pada desainnya yang benar-benar menyerupai karya seni. Membuatnya tetap menarik dipandang meski saat dalam kondisi tak digunakan,” ujarnya. 

Pernyataan ini merujuk pada desain TV OLED Objet Collection Pose karena benar-benar berbeda dari desain TV kebanyakan. TV OLED Objet Collection Pose dibekali layar 55 inci tampil dengan kedua penopang tinggi menjulang berpadu dengan layar lebarnya. 

Paduan ini membuat LG Pose sekilas bak sebuah kanvas besar dengan warna-warni cemerlang dari video yang diatur aktif saat TV dalam keadaan standby.

Nuansa premium TV OLED terbaru LG ini semakin kuat dengan terapan bahan Kvadrat pada sisi tertentu tubuhnya.

Selain membawa kesan elegan pada keseluruhan tampilan produk, pilihan materi ini juga menjadi penghantar audio lebih baik karena dikenal sebagai bahan yang biasa digunakan pada speaker premium.  

Untuk menemani kenyamanan di tengah sesi menonton ataupun saat beristirahat di kamar tidur, LG juga menawarkan pendingin udara inverter terbarunya yaitu AC LG New Eco. 

Hadir dalam desain dengan sentuhan pewarnaan matte, kesenyapan sepanjang pengoperasian dengan hanya 27 decibel menjadi salah satu keunggulan AC inverter yang tersedia mulai dari ½ PK hingga 2 PK. 

“Kenyamanan yang hadir dari tingkat kesenyapan ini melengkapi kenyamanan penggunaan fitur unggulan didalamnya yang selain membuat lebih hemat listrik juga memberi perhatian pada Kesehatan pengguna,” ujar dia. 

Dari sisi penghematan konsumsi listrik, fitur unggulan merujuk pada adanya pilihan empat tingkat pengaturan daya yang membuat AC New Eco ini bahkan dapat beroperasi hanya dengan 40% kebutuhan daya listriknya. 

Sementara perhatian pada aspek kesehatan, diwakili keberadaan pre-filter untuk menjebak partikel debu besar yang dapat dengan mudah dilepas pasang untuk pembersihan mandiri.

Di sisi lain, fitur Auto Cleaning bekerja mengeringkan embun dalam unit AC New Eco untuk mencegah pertumbuhan jamur dan partikel merugikan lainnya.

Sementara bagi penyimpan kebutuhan nutrisi keluarga, kulkas LG Macaron menjadi didapuk menjadi andalannya. Tak hanya membawa kesegaran pada pilihan warna yang terinspirasi penganan manis asal Perancis, kulkas dua pintu terbaru LG ini pun membawa serta berbagai inovasi teknologi khas LG dalam tubuhnya.

“Keunikan ragam warna yang membawa nuansa kesegaran berpadu dengan inovasi teknologi yang memberinya kepiawaian dalam menjaga kesegaran berbagai bahan makanan. Ini membuat kulkas LG Macaron sebagai sebuah paket lengkap kesegaran utuh bagi dapur keluarga Indonesia,” terang Victorio. 

Terdapat tiga pilihan warna Kulkas LG Macaron. Calon pemiliknya dapat memilih warna Nature Beige yang kental dengan nuansa putih gading, Clay Pink yang lebih mengedepankan nuansa merah muda atau varian warna Clay Mint yang membawa warna segar biru kehijauan. 

Sementara mengenai kapasitas kabin simpan keseluruhan, terdapat empat pilihannya. Kapasitas bersih 315 liter menjadi yang terkecil, hingga pilihan kapasitas terbesar yang mencapai 395 liter.

Linear Cooling dan Door Cooling sebagai dua inovasi khas LG yang telah memiliki reputasi baik menjadi andalan utama dari sisi performa. 

Saat Linear Cooling memompa aliran udara dingin mencapai seluruh bagian kabin, kerjanya berpadu dengan fitur Door Cooling yang memastikan tingkat suhu pada rak bagian belakang bilah pintu, memiliki suhu dingin setara dengan bagian terdalam kabin. 

“Paduan ini mewakili riset mendalam LG pada penjagaan kesegaran makanan. Tak fokus pada pendinginan, namun menjaga suhu penyimpanan dalam dinamika rendah,” ujar Victorio Mandolang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES