Ekonomi

Luncurkan Produk Baru Little Creatives, Faber-Castell Target Tumbuh Dua Digit

Senin, 22 Mei 2023 - 16:27 | 203.77k
Peluncuran Little Creatives di Kantor Faber-Castell Surabaya, Senin (22/5/2023).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Peluncuran Little Creatives di Kantor Faber-Castell Surabaya, Senin (22/5/2023).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Faber-Castell International Indonesia semakin agresif memperluas market alat tulis dengan menghadirkan produk inovatif. 

Terlebih usai pandemi, Faber-Castell kembali mengalami pertumbuhan mencapai dua digit. Hal itu didukung oleh banyaknya event lomba mewarnai dan momen masuk sekolah serentak. 

Advertisement

"Ini udah mulai naik lagi penjualan kita sudah mulai meningkat dengan bagus dan lebih penting lagi anak-anak sudah mulai mewarnai menggunakan produk-produk berkualitas," terang Product Manager PT Faber-Castell Internasional Indonesia Richard Panelewen di Kantor Faber-Castell Surabaya, Senin (22/5/2023).

Richard mengatakan, sepanjang 2022 hingga kuartal pertama (Q1) tahun ini Faber-Castell mengalami pertumbuhan dua digit. 

"Kontributor terbanyak khususnya dari produk-produk alat mewarnai seperti pensil warna, crayon dan oil pastel," tambahnya. 

Surabaya sendiri merupakan kota kedua dengan angka penjualan produk tertinggi setelah Jakarta. 

"Ini terbesar kedua setelah Jakarta kalau dari sisi omzet," tandas Richard. 

Richard menargetkan pertumbuhan dua digit kembali dan ia berharap penjualan dapat terus meningkat. Terutama dengan kehadiran produk baru yang juga diluncurkan hari ini. Produk tersebut bernama Little Creatives dan menyasar segmen anak-anak usia 3-5 tahun. 

Richard optimistis produk itu akan diterima pasar karena merupakan produk khusus dan belum memiliki kompetitor. 

"Little Creatives memang kita khususkan dengan fitur dan keunggulan produknya," ujar dia. 

Latar belakang peluncuran produk ini karena Faber-Castell melihat peluang pada segmen anak usia pra sekolah. 

"Anak-anak usia pra sekolah ini membutuhkan produk-produk yang berkualitas dan produk kreatif sesuai dengan umurnya," terang Richard di sela-sela peluncuran Little Creatives di Surabaya. 

Pasar yang masih sangat luas di segmen usia pra sekolah mendorong produsen alat tulis tertua dan terbesar di dunia tersebut untuk menjangkau market khusus. 

Little Creatives Faber-Castell antara lain terdiri dari produk crayon yang mudah digenggam. Meskipun bagi pemula mudah diaplikasikan. 

Produk ini dibekali standar keamanan sesuai pabrikan Faber-Castell di Jerman. Little Creatives juga memiliki pilihan warna-warna primer yang berfungsi mengajarkan warna dasar bagi anak. 

Selain itu Little Creatives Faber-Castell juga sangat aman, karena gampang di cuci (washable) dan tidak mengandung racun (toxic). 

"Kalau misal ada zat berbahaya pasti sangat rentan bagi anak-anak. Makanya, sangat penting menggunakan produk-produk yang sudah memenuhi standar keamanan untuk anak-anak khususnya usia 3-5 tahun," ujarnya. 

Peluncuran ini sekaligus menjadi bentuk komitmen Faber-Castell sesuai visinya “Companion for Life” atau teman setia sepanjang usia. 

Richard mengungkapkan, Little Creatives Faber-Castell sendiri hadir berdasarkan hasil survey internal Faber-Castell.

Di mana sebelumnya, Faber-Castell telah hadir melalui kategori produk Play & Learning untuk usia 4-12 tahun. 

Pada usia 0-4 tahun, anak-anak usia pra sekolah membutuhkan produk-produk berkualitas. Karena di usia tersebut masuk dalam kategori “golden age” atau usia emas di mana anak mulai aktif sesuai masa tumbuh kembangnya.  

Maka, dengan produk-produk ini, Faber-Castell berharap dapat mendorong kemampuan motorik  halus, persepsi visual dan kemampuan belajar pra menulis seperti menggenggam dan menggunakan pensil, menggambar, menulis, meniru bentuk, dan mewarnai. 

Little Creatives Faber-Castell hadir dalam dua sub varian, yakni produk-produk untuk mewarnai dan membuat craft, serta buku bercerita (Interactive Board Book). 

Produk-produk ini juga sangat lengkap untuk menjadi bagian tidak terpisahkan dari tumbuh kembang buah hati dan bisa menjadi pilihan orang tua.

Selain produk-produk ini dilengkapi beberapa keunggulan, salah satunya ergonomic, sehingga nyaman untuk anak saat pertama kali menggoreskan warna.

Sementara itu, selain meluncurkan produk untuk mewarnai dan membuat craft, Little Creatives Faber-Castell juga menghadirkan Interactive Board Book.

Buku tersebut didesain menjadi pilihan para orang tua untuk memberikan pengalaman berbeda bagi si kecil. 

"Karena, buku bercerita ini memiliki banyak keunggulan diantaranya, halaman yang tebal sehingga tidak mudah robek dan hadir dalam dua bahasa (dual lingual) sehingga dapat menambah kemampuan bahasa anak," imbuh Product Manager Faber-Castell International Indonesia, Lily.

Melalui produk ini si kecil secara tidak langsung akan mempelajari warna, bentuk dan tentunya mendorong interaksi saat membaca serta mendukung perkembangan motorik halus anak. 

Lily menambahkan, Interactive Board Book hadir dalam 2 (dua) edisi perdana, buku ini menampilkan 3 tokoh fabel, yakni Jojo, Lala dan Franky yang tentunya menarik bagi anak-anak, dan sudah mendapatkan tinjauan dari psikolog anak sehingga sangat dianjurkan menjadi pilihan bagi orang tua.
 
Saat ini produk-produk Little Creatives Faber-Castell akan hadir di sejumlah toko buku dan peralatan bayi di sejumlah kota besar di Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES