Ekonomi

Wapres Dorong Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Daerah, Jatim Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2023

Jumat, 26 Mei 2023 - 19:23 | 145.25k
Wapres RI menyerahkan piala Anugerah Adinata Syariah kepada Gubernur Jatim sebagai juara umum. (Foto: Setwapres for TIMES Indonesia)
Wapres RI menyerahkan piala Anugerah Adinata Syariah kepada Gubernur Jatim sebagai juara umum. (Foto: Setwapres for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – dir="ltr">Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menggarisbawahi pentingnya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat daerah dalam Anugerah Adinata Syariah 2023 yang digelar di Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia (BSI), Gedung The Tower, Jakarta, pada Jumat (26/5/2023).

Pengembangan ekonomi syariah, menurut Wapres, telah menghasilkan capaian positif, dengan pangsa aktivitas usaha syariah tahun 2022 mencapai 45,66% terhadap perekonomian nasional, meningkat 3,45% dari tahun 2021. Namun, implementasi program dan partisipasi masyarakat di tingkat daerah harus terus menjadi prioritas.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menyampaikan empat arahan utama tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tingkat daerah. Antara lain, Kepala Daerah diminta untuk memberikan dukungan berkelanjutan dan memasukkan program ekonomi syariah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

Selanjutnya, sinergi dan keselarasan antara program pusat dan daerah harus lebih diperkuat. Wapres Amin juga mengingatkan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk berperan aktif dalam hal ini.

Selain itu, penghargaan Anugerah Adinata Syariah harus dijadikan rujukan dalam berbagi pengalaman sukses dan menjadi pemacu semangat dalam pengembangan ekonomi syariah. Terakhir, Wapres mengajak para peserta untuk memperluas diseminasi informasi dan peningkatan literasi mengenai potensi daerah dan kontribusi ekonomi syariah terhadap pembangunan nasional.

Acara penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Sekretaris KNEKS Sri Mulyani. Beliau menyatakan bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan ekosistem ekonomi Islami, mengingat populasi Muslim yang besar di negara ini.

Dalam Anugerah Adinata Syariah tahun ini, ada 10 kategori penghargaan yang diperebutkan oleh 25 provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Timur meraih prestasi sebagai juara umum, dengan hampir selalu masuk ke dalam 5 besar di tiap kategori. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES