Ekonomi

BI Mempertahankan Suku Bunga Acuan 5,75 Persen, Jaga Inflasi Tetap Terkendali

Kamis, 24 Agustus 2023 - 16:02 | 60.13k
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: dok BI)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: dok BI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) telah mengambil keputusan penting dalam Rapat Dewan Gubernur pada 23-24 Agustus 2023. Mengumumkan keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR), BI menetapkan suku bunga ini pada level 5,75 persen.

Dalam mengambil keputusan ini, konsistensi dan stabilitas menjadi aspek penting dalam kebijakan moneter BI.

Advertisement

Suku bunga deposit facility dan suku bunga lending facility juga dipertahankan oleh BI pada level yang sama. Inilah langkah yang diambil oleh BI untuk memastikan kestabilan perbankan dan perekonomian Indonesia.

Suku bunga deposit facility tetap dipertahankan pada level 5 persen. Sementara itu, suku bunga lending facility tetap berada di posisi 6,5 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo, mengungkapkan bahwa kebijakan ini dibuat untuk menjaga inflasi tetap terkendali.

“Keputusan ini sejalan dengan tujuan kebijakan moneter. Inflasi diharapkan tetap terkendali dalam kisaran sasaran tiga plus minus satu persen pada sisa tahun 2023. Pada tahun 2024, inflasi ditargetkan pada kisaran 2,5 plus minus satu persen,” jelas Perry dalam Pengumuman Hasil RDG Agustus 2023 di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Dalam pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur BI Agustus 2023, Gubernur BI menegaskan komitmen lembaga untuk terus konsisten menjalankan kebijakan moneter yang proaktif. Kebijakan ini diambil untuk memastikan kestabilan perekonomian Indonesia di tengah kondisi global yang fluktuatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES