Ekonomi

Pameran Franchise IFBC 2023 Surabaya Hadirkan 80 Lebih Jenama Waralaba 

Selasa, 05 September 2023 - 20:34 | 75.62k
Suasana IFBC tahun lalu di Surabaya. (FOTO: Dok. AFI)
Suasana IFBC tahun lalu di Surabaya. (FOTO: Dok. AFI)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo (Neoexpo) kembali menggelar rangkaian pameran nasional Info Franchise and Business Concept atau IFBC 2023 di The Square Ballroom, Gedung ICBC Surabaya mulai 8-10 September 2023 mendatang.

Pameran pada tahun ini mengusung tema “Beyond Entrepreneurship” atau memiliki arti Memaknai Kewirausahaan.

Advertisement

Total lebih dari 80 merek franchise memeriahkan agenda tersebut. Konsep bisnis waralaba (franchise) masih menjadi primadona, karena dinilai sudah mapan dan terbilang mudah dijalankan. Maka tak heran jika pameran ini selalu ditunggu setiap tahun.

Selain itu, pameran yang akan dibuka mulai pukul 10.00-20.00 WIB ini juga dimeriahkan oleh peluang usaha, UMKM dan business support baik nasional maupun internasional. 

IFBC 2023 menjadi one stop service entrepreneurship event, sejumlah merek usaha ternama dan program edukasi wirausaha terkini pun turut disuguhkan pada pameran tahunan ini. 

Opening Ceremony pameran dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan, bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Pada penyelenggaraan IFBC tahun ke-17 dan kali ke-163 ini, selama tiga hari terdapat sejumlah acara seminar terbuka, pengurusan sertifikasi halal, bincang wirausaha inspiratif, kurasi produk, serta konsultasi bisnis. 

Rangkaian pameran nasional IFBC 2023 ini hadir di Tangerang, Bandung, Palembang, dan Surabaya. IFBC secara konsisten mendukung pertumbuhan pelaku usaha dari UMKM hingga waralaba. 

Apalagi sektor bisnis memang kembali hidup. Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2023 kemarin, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II 2023 tercatat sebesar 5,17% (yoy). Angka ini meningkat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,04% (yoy).

Sejumlah Komunitas UMKM Surabaya serta Jawa Timur, UMKM Binaan Sahabat UKM dan Kementerian Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur akan turut hadir memeriahkan agenda sekali dalam setahun tersebut. 

Hadir pula Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia Drs. Anang Sukandar, CFE., Sekjen Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri, dan sejumlah pebisnis waralaba nasional. 

Pameran ini dihadiri lebih kurang 80 jenama usaha waralaba, peluang usaha, investasi, distributor, keagenan, kemitraan serta penunjang bisnis dalam menggiatkan masyarakat berwirausaha di masa endemi. 

Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai penawaran menarik untuk investasi, mulai dari Rp8 jutaan hingga ratusan juta rupiah. Tersedia diskon besar membeli usaha dan penawaran menarik hingga dapatkan bonus kemitraan selama pameran berlangsung.

IFBC-2.jpgAntusiasme pengunjung IFBC tahun lalu di Surabaya. (FOTO: Dok. AFI)

IFBC 2023 Surabaya suguhkan berbagai merek usaha kuliner kekinian dan viral di antaranya bisnis ice cream, coffee shop dan minuman yakni Wedrink, XiBoBa, Xibo Bikes, Xiyue, Minum Es Indonesia, Ducok & Pucok Juara, Chocochiz, Es Susu Indonesia, Iketan, Gelato Di Lenno, Teman Nongkrong Coffeshop, Teman Nongkrong Ice Cream, Warkop Naik Kelas, Teapedia, Coffeetamin, Holly Tea, Kopi Dari Hati, Es Cekek Indonesia, Bube serta Tentang Kopi. 

Kuliner kekinian lainnya yang dapat ditemui ialah Xiji, Mo Tahu Aja, Istanbul Kebab, Pide Turkish Pizza, Mie Gacorin, Ayank Steak, Mamma Roti, Chicken Crush, Cireng Cipok, Dikwaa, J&C Cookies, Joffi Ramen, Hungrypedia, Hungrybank, Gorengan Naik Kelas, Eatpedia, Warteg Putri Bahari, Selera Bahari, Selera Sambal, Kharisma Bahari, Gorengan Bahagia, Minang Sepakat, Hey Tato Fries Bar dan Grand Panglima Resto. 

Bisnis ritel yang selalu ada peminatnya dapat dijumpai Alfamart, Indomaret, Erafone, Air Minum Biru, LG Commercial Laundry, dan Plastik Bawang. Netto Laundromat, Maxpress Laundry, SpeedQueen, dan Washteria dapat menjadi pilihan bisnis pada jasa binatu yang semakin berkembang. 

Penggiat bisnis pendidikan bisa temui I Can Read dan Eye Level. Pada sektor bisnis jasa perawatan diri, kecantikan, dan kesehatan, pengunjung dapat berdiskusi langsung dengan usaha Roemah Rempah Spa by Royal Garden, Mash Moshem, Madeena Skin Clinic, Estetiderma, The Ajudan Barbershop, Barbertopia dan Barberpedia. 

Meningkatkan kinerja bisnis para pelaku usaha, hadir penunjang bisnis antara lain iSeller, Olsera, dan Rintisan. Tersedia jasa home cleaning service, seperti CSR Cleaning. Sedangkan pada sektor bisnis home appliances tersedia Varmare Indonesia. 

Jasa pengiriman terdapat Lalamove. Dapat ditemui pula pendukung bisnis yakni Evlogia Organizer, Missing Piece, ImportirCom, Cloud Kitchen, EntrepreneursId, Diantara Intermedia, Biznet Network, Indonetwork dan Indotrading. 

Terdapat juga rekanan rumah sakit untuk berdiskusi mengenai kesehatan bersama RKZ Hospital. Sejalan dengan konsistensi IFBC 2023 untuk menggiatkan UMKM, dapat dijumpai Sahabat UMKM, UKM Binaan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Jawa Timur, dan IWAPI Kota Surabaya. 

Hadir di antaranya juga komunitas lokal JCI East Java, Rumah Kolaborasi Bersama (CBF-CEO Business Forum) dan Forbis Gontor.

Beragam Program Mendukung Wirausaha & Calon Wirausaha Dalam rangka memaknai kewirausahaan (beyond entrepreneurship), IFBC 2023 menghadirkan wawasan serta edukasi wirausaha seputar franchise (waralaba) yakni seminar terbuka Transformasi UMKM Menjadi Waralaba, Pendaftaran Sertifikasi Halal, Waralaba untuk Income tambahan saat pensiun dan strategi marketing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES