Ekonomi

UMKM Banjir Berkah Gegara Pacitan Adventure Tourism 2023

Sabtu, 23 September 2023 - 11:59 | 92.44k
Pelaku UMKM kawasan wisata Pantai Srau Pacitan mengaku kebanjiran omzet berkat Pacitan Adventure Tourism 2023. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Pelaku UMKM kawasan wisata Pantai Srau Pacitan mengaku kebanjiran omzet berkat Pacitan Adventure Tourism 2023. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Acara Pacitan Adventure Tourism 2023 telah membawa berkah besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pacitan.

Pendapatan masyarakat setempat, terutama pemilik lapak di destinasi wisata Pantai Srau, mengalami peningkatan omzet signifikan sejak pagi saat acara petualangan off-roading digelar pada Sabtu (23/9/2023).

Menurut beberapa pemilik lapak, acara ini telah menjadi penyelamat bagi bisnis mereka. Salah seorang pedagang, Yuli Nur Aini (40) mengatakan, bahwa event ini adalah berkah besar dan dagangannya laku keras. 

"Sejak pagi sudah laris. Semua jualan saya laku keras dari mulai Es Degan, hingga Mie kuah, dan ini memberi kami harapan agar wisata Pantai Srau supaya lebih baik lagi," ujarnya. 

Sebelumnya, komunitas UMKM setempat menghadapi kendala ekonomi karena minimnya kunjungan wisatawan.

"Biasanya pendapatan sangat sepi, khususnya pas hari Senin sampai Jumat. Kala akhir pekan, pendapatan kami bisa mencapai Rp200 ribu. Saat ini tak sampai sehari sudah dapat setengah juta rupiah," tambah Yuli. 

Hal serupa dirasakan oleh Sokimah (58), seorang penjual keliling. Acara ini membuatnya optimistis untuk membuka lapak di bawah pohon kelapa dan meraih keuntungan lebih besar lagi.

"Jadi pusat rezeki, pas ada momen seperti ini ya momen buat buka lapak," ucapnya.

Pacitan-Adventure-Tourism-2023.jpg

Meskipun produk yang dijual tidak sekelas restoran mewah, pengunjung sangat antusias membeli berbagai produk lokal milik UMKM, termasuk makanan tradisional dan minuman lokal. 

"Bersyukur banget, kalau bisa sering-sering buat kegiatan seperti ini. Biar dawet dan kupat tahu saya bisa dilarisi," ungkap Sokimah. 

Peningkatan penjualan juga dirasakan oleh berbagai jenis usaha, mulai dari penjual minuman segar, es degan, rujak, krupuk, pernak-pernik, hingga kupat tahu. 

Terlihat puluhan pengguna ruko dan pembeber lapak UMKM dadakan tampak ramai dikunjungi selama acara Pacitan Adventure Tourism 2023 di Pantai Srau tersebut berlangsung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES