Ekonomi

Harga Gula di Banyuwangi Meroket, Capai Rp16.000 per Kilogram

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:26 | 74.74k
Gula pasir kiloan yang dijual di Pasar Banyuwangi, Jawa Timur, dengan harga yang sudah tembus Rp16.000 perkilogram. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)
Gula pasir kiloan yang dijual di Pasar Banyuwangi, Jawa Timur, dengan harga yang sudah tembus Rp16.000 perkilogram. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih dihadapkan pada masalah harga bahan pokok yang terus meningkat. Kali ini, harga gula, yang merupakan salah satu komoditas utama, juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Menurut pantauan TIMES Indonesia di Pasar Banyuwangi pada Senin (23/10/2023), harga gula saat ini telah mencapai harga tertinggi, yakni Rp16.000 per kilogram. Data dari pengelola pasar Banyuwangi menunjukkan bahwa kenaikan harga gula ini dimulai pada tanggal 18 Oktober ketika harganya masih Rp14.500 per kilogram. Kemudian, harga gula naik menjadi Rp15.000 per kilogram pada tanggal 19 Oktober.

Kenaikan harga gula tersebut berlangsung selama tiga hari, dan pada tanggal 22 Oktober, harganya mencapai Rp15.500 per kilogram. Hingga saat ini, harga jual gula pasir telah mencapai Rp16.000 per kilogram.

Staf petugas pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra, mengatakan, "Kenaikan harga gula pasir tidak terasa tetapi terus naik, terjadi selama hampir seminggu ini."

Kenaikan harga gula telah membuat beberapa pedagang di Pasar Banyuwangi merasa kesulitan. Kenaikan harga ini juga membuat stok gula yang berlimpah tidak terjual dengan baik. Banyak pembeli yang juga mengeluhkan kenaikan harga gula kepada penjual bahan pokok.

Nur Inayah, pemilik toko sembako Sumber Rezeki, mengungkapkan bahwa kenaikan harga gula telah mengurangi penjualan gula di tokonya. Biasanya, satu karung gula dengan isi 50 kilogram bisa habis dalam waktu lima hari. Namun, dengan kenaikan harga gula, penjualan menjadi lebih sulit dan butuh waktu lebih lama. Inayah mengatakan, "Saat harga gula terus naik, satu karung gula butuh lebih dari seminggu untuk habis, dan banyak yang mengeluh ke saya karena harganya naik dan beras pun mahal."

Inayah juga menyebut bahwa harga gula yang dia beli dari distributor saat ini adalah Rp730.000 untuk satu karung gula 50 kilogram. Dia juga mendengar informasi dari distributor bahwa harga gula akan terus naik. Meski demikian, dia juga merasa bahwa kualitas gula tersebut sedikit berbeda dari sebelumnya.

Penjual bahan pokok lainnya di Pasar Banyuwangi, Hj. Romlah, juga mengeluhkan kenaikan harga gula. Dia merasa bingung mengenai alasan kenaikan harga gula yang terus berlanjut. "Iya, sekarang harga gula semakin naik, sementara stok lama masih banyak karena pembeli sudah mulai sepi," ujar Hj. Romlah saat menjaga lapaknya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES