Ekonomi

Strategi Dinas KUKM Provinsi Bali Dorong Penguatan Program Nasional Untuk Pertumbuhan Wirausaha Baru

Sabtu, 11 November 2023 - 18:39 | 32.32k
Program Market Day dan Collaboration Week “Kenal Lokal” yang digelar Dinas KUKM Provinsi Bali. (Foto: Prokopim Bali)
Program Market Day dan Collaboration Week “Kenal Lokal” yang digelar Dinas KUKM Provinsi Bali. (Foto: Prokopim Bali)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali (Dinas KUKM Provinsi Bali) menggelar Program Market Day dan Collaboration Week “Kenal Lokal” yang diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 10-11 November 2023 di Living World Mall Denpasar.

Ini dilakukan Dinas KUKM Provinsi Bali dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan wirausaha baru dan membantu para pelaku usaha agar naik kelas serta optimalisasi pengembangan koperasi yang dianggap strategis untuk digarap secara maksimal,

Kepala Dinas KUKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina menyampaikan kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung dan menguatkan Program Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden No 2 Tahun 2022 terkait Pengembangan Kewirausahaan Nasional yang ditetapkan untuk periode tahun 2021 sampai dengan tahun 2024.

"Program market day dan collaboration week ini merupakan bagian dari lembaga bisnis yang dimiliki oleh Dinas Koperasi yaitu Inkubator Bisnis Provinsi Bali (Bali Entrepreneur Collaborator)," katanya.

Ekadina mengatakan bahwa Inkubator Bisnis Bali Entrepreneur Collaborator ini berusaha menjadi jembatan bagi seluruh stakeholder, terkait dengan pengembangan dunia usaha dan ekonomi kerakyatan yang harus bergandengan tangan untuk berkolaborasi dalam menyempurnakan usaha usaha potensial yang dimiliki oleh masyarakat Bali. 

Sejak berdirinya inkubator bisnis ini sudah terdapat 66 tenant yang ikut bergabung dan 25 tenant yang lolos inkubasi.

"Diharapkan ke depan, akan semakin banyak melahirkan wirausaha-wirausaha baru yang potensial yang tentunya mampu lebih matang dalam tahan inkubasi. Sehingga dengan semakin berkembangnya wirausaha di masyarakat maka akan mampu mendorong penerapan Ekonomi Kerthi Bali," harapnya.

Ia juga berharap masyarakat selalu mendapat kemudahan dalam proses pengembangan usaha agar wirausaha menjadi salah satu pilihan strategis ke depan, sehingga makin banyak wirausahawan yang muncul di Bali.

Sementara itu, Manajer Inkubator Bisnis Pemerintah Provinsi Bali I Putu Gatot Adiprana mengatakan bahwa dalam event Kenal Lokal kali ini terdapat 66 usaha yang terdaftar, 25 tenan lolos inkubasi dan 3 Koperasi yang lolos Kurasi.

"Sedangkan dalam even Market day and collaboration week kali ini terdiri dari 4 event yaitu Tenant Exhibition yang mengambil tempat di Living World Mall, Collaboration Week, Pitch Competition dan Tenant Release, " Urainya.

Gatot Adiprana mengatakan bahwa dalam rangka collaboration, kenal lokal melakukan kolaborasi dengan Gojek “Gofood” dimana total UMKM yang ikut adalah 100 UMKM dan total transaksi selama satu bulan dari Agustus-September dengan mengadakan promo diskon 35%, dimana transaksi mencapai 3 miliar lebih.

Pihaknya meyakini dengan mendukung produk lokal, dapat mendorong inovasi “heroes” lokal untuk menciptakan produk baru, meningkatkan kualitas, dan mengeksplorasi ide-ide baru, yang hilirnya dapat memberikan manfaat lebih lanjut bagi masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES