Ekonomi

Saingan Perbankan, Multi Finance Gencarkan Pinjaman Beragunan Sertifikat Rumah 

Minggu, 17 Desember 2023 - 17:47 | 22.15k
BFI Finance membuka layanan saat acara BFI Ride & Dance Fitness Festival di G-Walk Surabaya, Minggu (17/12/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
BFI Finance membuka layanan saat acara BFI Ride & Dance Fitness Festival di G-Walk Surabaya, Minggu (17/12/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perusahaan pembiayaan multi finance membidik sektor wirausaha melalui layanan pinjaman modal usaha, investasi peralatan kerja hingga pinjaman konsumtif dengan jaminan sertifikat rumah maupun ruko. 

Meskipun pemain utama pinjaman beragunan sertifikat ini masih didominasi perbankan, perusahaan multifinance seperti PT BFI Finance Indonesia optimistis dapat bersaing. 

Apalagi, proses pengajuan di perbankan cenderung lebih lama. Belum lagi ketika bank tidak mengakomodir, biasanya calon peminjam langsung beralih ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan bayang-bayang bunga cukup tinggi dibandingkan perbankan. BFI melihat peluang bisnis tersebut.

"Kita sebenarnya masuk di segmen tengah, prosesnya cepat, tapi mungkin nggak semurah bank, tapi tidak semahal BPR. Jadi kita mau ambil market itu," ungkap Desliana Sidabutar selaku Property-Backed Financing (Pembiayaan Beragun Sertifikat) Product Head BFI Finance saat acara BFI Ride & Dance Fitness Festival di G-Walk Surabaya, Minggu (17/12/2023).

"Rata-rata pinjaman untuk modal kerja dengan nilai pinjaman rerata Rp500 juta," jelasnya didampingi Fatah Syahputra sebagai PBF Area Marketing Manager.

Ia merinci, porsi pembiayaan untuk segmen ini memang belum terlalu besar, karena 50-60 persen masih didominasi pembiayaan untuk kendaraan bermotor. Sementara produk pinjaman jaminan sertifikat masih di angka 4 persen dari total portofolio pembiayaan. 

"Masih kecil, dari aset BFI kan masih Rp20-an triliun. Jadi memang masih kecil," ungkapnya.

Fokus Dukung Wirausaha

Desliana mengatakan, BFI Finance memang memfokuskan dukungan pada pertumbuhan wirausaha.

BFI Finance berkomitmen terus mendukung perkembangan bisnis melalui pembiayaan modal usaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang positif di tahun 2024. 

"Kami yakin akan mulai bermunculan peluang dalam memulai usaha yang pada akhirnya mampu melahirkan semakin banyak populasi wirausaha baru yang kreatif dan inovatif," katanya.

Keberlanjutan ekosistem kewirausahaan saat ini dinilai telah berhasil meningkatkan akselerasi pertumbuhan wirausaha. 

Sementara dampak positif yang diberikan dari pertumbuhan kewirausahaan, yaitu mendorong produktivitas masyarakat dan mengkatrol perekonomian negara.

Desliana juga mengungkapkan, dalam proses peningkatan ini ada banyak pelaku industri yang sudah memiliki sarana untuk menunjukkan kemampuan kreatif dan inovatif yang dimiliki.

Namun memang, tidak sedikit juga calon pelaku industri yang belum mampu memaksimalkan kemampuan tersebut.

Maka, BFI Finance melayani pembiayaan modal usaha hingga Rp5 miliar dengan proses persetujuan tiga hari disetujui. Dengan catatan, semua persyaratan sudah lengkap dan sesuai untuk pembiayaan berjaminan sertifikat rumah.

Desliana mengungkapkan, sambutan terhadap produk pinjaman tersebut sangat positif. Terutama pasca pandemi yang membuat ekonomi semakin tumbuh. 

"Progressnya bertumbuh positif semuanya," ucap Desliana.

Salah satu upaya menggenjot pertumbuhan itu adalah menghadirkan BFI Ride & Dance Fitness Festival mulai 11-17 Desember 2023. Aktivitas olahraga tersebut berupa kelas Zumba, Pound Fit, Fun Bike, dan diselingi dengan hiburan seperti doorprize, dan DJ performance di setiap akhir sesi olahraga.

Ia berharap melalui acara BFI Ride & Dance Fitness Festival, BFI Finance bisa menjadi solusi bagi calon pelaku industri untuk dapat mulai merealisasikan ide bisnis yang mereka miliki, seperti dengan memaksimalkan keuntungan peserta dalam mendapatkan paket pembiayaan khusus bagi mereka yang ingin mengajukan pembiayaan.

BFI Finance juga menawarkan promo special rate untuk periode pengajuan pembiayaan hingga 29 Februari 2024, khusus bagi calon debitur yang berdomisili di Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES