Ekonomi

DPRD DIY Dukung Becak Listrik di Kawasan Malioboro

Kamis, 21 Desember 2023 - 20:28 | 18.03k
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. (FOTO: Olivia Rianjani/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. (FOTO: Olivia Rianjani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Rencana peluncuran becak listrik oleh Pemda DIY di Kawasan Malioboro mendapat respons DPRD DIY.

Lembaga legislatif yang berkantor di Jalan Malioboro itu menyambut baik becak listrik sebagai pengganti becak kayuh bertenaga alternatif ( berkreatif ), yang merupakan awal konversi becak motor dan kayuh menjadi becak listrik.

“Setelah berjuang selama 4 tahun, alhamdulillah konversi becak motor menjadi becak listrik terwujud di Yogyakarta,” kata Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, Kamis (21/12/2023).

Menurut Huda, sebetulnya becak listrik ini masih perlu dikayuh, namun sangat ringan lantaran bertenaga listrik. Menurutnya, jika membuat listrik murni tanpa dikayuh akan berbeda dengan ketentuan perda, sebagai ciri tradisional.

Diketahui, Pemda DIY akan menggelar launching Becak Kayuh Bertenaga Alternatif (Berkreatif) atau becak listrik pada Sabtu 23 Desember 2023, pukul 09.00, di Taman Parkir Ketandan, Gondomanan, Yogyakarta.

“Ini awal konversi becak motor menjadi becak listrik,” imbuhnya.

Lanjut Huda menambahkan, pada Februari 2024 akan disiapkan 50 unit untuk ujicoba. Jika berhasil, mudah mudahan pada tahap 2 dan tahap 3 semua becak motor maupun kayuh bisa dikonversi menjadi becak listrik.

“Pengemudi becaknya sama tetapi becaknya yang kita ubah, dari becak motor menjadi becak listrik atau Becak kayuh bertenaga listrik,” tandasnya.

Selain launching Becak listrik akan dilakukan pula pembagian akta pendirian koperasi becak berkreatif berupa becak bertenaga listrik.

“Guna mendukung dan mensukseskan keberlangsungan konversi becak motor menjadi becak listrik didirikan koperasi becak. Ini bagus menurut saya,” paparnya.

Kemudian, Huda berharap, ke depan akan diupayakan kerjasama dengan hotel - hotel untuk upgrade pengemudi becak listrik dengan pembinaan bahasa dan sikap. “Upaya ini dilakukan agar pengemudi becak naik kelas. Semoga ke depan bisa sukses dan becak menjadi ikon baru wisata di Yogyakarta,” terang Huda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES