Ekonomi

Harga Cabai dan Tomat di Banyuwangi Kembali Naik

Rabu, 17 Januari 2024 - 14:04 | 29.70k
Potret pedagang di pasar Banyuwangi yang menjual cabai dan tomat. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)
Potret pedagang di pasar Banyuwangi yang menjual cabai dan tomat. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Harga Cabai dan Tomat di Pasar Banyuwangi, Jawa Timur, mengalami kenaikan setelah sempat turun harga.

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia di pasar Banyuwangi pada, Rabu (17/1/2024), harga cabai merah besar berada di harga Rp58.000 per kilogram dari harga sebelumnya yaitu Rp30.000 per kilogram.

Bukan hanya cabai merah besar, cabai rawit yang sebelumnya turun hingga dihargai Rp28.000 per kilogramnya, saat ini naik kembali dengan harga Rp36.000 per kilogramnya.

“Naiknya bertahap dan sudah berlangsung lama lebih dari sepekan cabai naik harganya, terutama cabai merah besar naiknya tinggi,” ucap salah satu pedagang di Pasar Banyuwangi, Sri Hartati.

Sri Hartati juga menambahkan, bukan hanya jenis cabai saja, komoditas lain yang naik drastis yaitu tomat. Sekarang Tomat di pasar Banyuwangi dibandrol dengan harga Rp20.000 per kilogram dari yang biasanya hanya Rp8.000 Per kilogramnya.

“Tomat malah naik drastis, biasanya saya jual Rp8 ribu sekarang sudah Rp20 ribu per kilogram,” ujarnya pada Jurnalis TIMES Indonesia.

Sementara itu, Koordinator Pasar Banyuwangi, melalui staf petugas pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra mengatakan, sejak awal tahun 2024, harga bahan pokok di pasaran memang sedang fluktuatif atau naik turun. 

Beberapa komoditas selain cabai dan tomat yang sedang mengalami kenaikan harga beberapa komoditas lain malah mengalami penurunan seperti bawang merah dan telur.

“Naik turun harga pas awal tahun, seperti cabai dan tomat itu turun kemudian naik lagi selama beberapa pekan,” tandas Aris, sapaan staf petugas pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra.

Menilik dari data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jawa Timur, harga cabai merah besar di pasar Banyuwangi tercatat di harga Rp54.000 per kilogram yang telah bertahan selama tiga hari terhitung pada tanggal 15 Januari. Sedangkan cabai rawit tercatat di harga Rp36.000 per kilogram yang terhitung sejak tanggal 15 Januari.

Untuk harga tomat sendiri yang tercatat dalam Siskaperbapo saat ini dibanderol Rp20.000 per kilogram yang sudah bertahan dua hari sejak tanggal 16 Januari.

Beberapa komoditas lain selain cabai rawit, cabai merah besar dan tomat, harga minyak goreng dan ayam juga terpantau sedang naik di Pasar Banyuwangi. Untuk harga Minyakita dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000 per liter dijual dengan harga Rp15.000 per liter yang sudah bertahan sudah lama. Sedangkan ayam potong dihargai Rp32.000 per kilogram dari yang awalnya dengan harga sekitar Rp28.000 per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES