Ekonomi

Empat Sektor Unggulan Ini Jadi Sumber Ekonomi Papua

Rabu, 17 Januari 2024 - 17:10 | 20.51k
Ilustrasi. Raja Ampat menjadi salah satu pariwisata Papua menjadi sektor unggulan untuk meningkatkan ekonomi Papua. (Foto: indonesia.travel)
Ilustrasi. Raja Ampat menjadi salah satu pariwisata Papua menjadi sektor unggulan untuk meningkatkan ekonomi Papua. (Foto: indonesia.travel)

TIMESINDONESIA, PAPUA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua menyebutkan ada empat sektor unggulan yang berpotensi menjadi sumber ekonomi Papua. Potensi ini diharapkan dapat dikembangkan Pemerintah Daerah untuk menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya di Jayapura, Rabu, mengatakan sektor unggulan tersebut yakni pariwisata, perikanan, pertanian, dan ekonomi kreatif.

“Keempat sektor tersebut ini berpotensi tumbuh lebih tinggi dan berkesinambungan ke depannya yang diharapkan dapat menjadi peluang bagi pemerintah untuk mengembangkan potensi tersebut,” katanya, Rabu (27/1/2024).

Menurut Juli, terkait dengan sektor-sektor unggulan sangat penting untuk dikembangkan mengingat potensi tersebut berasal dari daerah masing-masing di Papua.

“Ini penting bagi ekonomi Papua karena sektor tersebut mempunyai multiplier efek yang besar,” ujarnya.

Dia menjelaskan misalnya pada sektor pariwisata jika dikembangkan pasti akan diikuti oleh transportasi lalu perdagangan, hotel, restoran dan lain-lainnya sehingga mendorong ekonomi lebih tinggi dan tumbuh berkesinambungan.

“Jadi keempat sektor yang telah teridentifikasi tersebut sebagai sumber untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan PAD,” katanya lagi.

Dia menambahkan selain keempat sektor tersebut ada juga potensi hutan Papua yang menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi dimana dulu paradigma dengan menebang pohon bisa menghasilkan uang namun kini dengan konservasi atau memelihara dapat menghasilkan uang melalui penyerap emisi karbon.

“Namun tetap dengan memperhatikan ekonomi digitalisasi dan wawasan lingkungan,” ujarnya lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES