Ekonomi

Mengenal Desa Binor, Pemenang Desa Brilian yang Miliki Resto di Bibir Pantai

Rabu, 13 Maret 2024 - 16:56 | 24.27k
Resto milik Desa Binor yang berada di Pantai Bohay. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Resto milik Desa Binor yang berada di Pantai Bohay. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGODesa Binor, sebuah permata tersembunyi di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Desa ini merupakan satu-satunya desa yang menerima penghargaan bergengsi sebagai “Desa Brilian” dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) tahun 2022. Namun, di balik prestasi itu, Desa Binor memiliki cerita yang begitu memikat, dari pesona pantai hingga kekayaan budaya dan kuliner yang unik.

Binor adalah desa yang berada paling timur Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Desa yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dan Situbondo ini memiliki luas 1.411 Hektar. 

Desa Binor memiliki letak yang berdekatan dengan laut dan pegunungan. Posisi desa ini berada di dataran rendah, hutan atau pegunungan, dan pesisir dengan jarak tempuh ke kecamatan sekitar 6 kilometer dan ke ibu kota kabupaten sekitar 25 kilometer.

Resto-milik-Desa-Binor-2.jpg

Sebelah barat, Desa Binor berbatasan dengan Desa Sumberejo. Sementara di sebelah timur berbatasan dengan Desa Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. Sedangkan pada sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kotaanyar, dan pada arah selatan berbatasan dengan Selat Madura.

Jumlah penduduk Desa Binor sendiri sejumlah 2.765 jiwa yang terbagi dalam 15 RT dan 6 RW serta beberapa dusun diantaranya yaitu Dusun Klompangan, Dusun Krajan dan Dusun Pesisir.

Mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Binor adalah petani dan nelayan. Selain itu penduduk Desa Binor bekerja sebagai pedagang dan karyawan swasta. Kebetulan di desa tersebut berdiri PLTU Jawa-Bali yang menjadi objek vital nasional.

Peningkatan ekonomi merupakan suatu hal yang sepenuhnya harus dilakukan guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Maka dari itu, Desa tersebut terus berupaya melakukan inovasi serta memanfaatkan kekayaan alam dan kearifan lokal demi menunjang kesejahteraan masyarakat.

Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan membuat homestay di Pantai Bohay dan membuat jembatan penghubung antara Pantai Bohay ke Pasar Minggu Dewi Harmoni.

Jembatan penghubung tersebut berguna untuk mempermudah akses menuju pasar minggu dewi harmony, mendukung ketersediaan sarana prasarana pendukung di Pantai Bohay seperti peralatan snorkeling dan diving. Selain itu, Desa Bhinor juga bekerjasama dengan travel agent; melakukan promosi kepada masyarakat media digital, serta mulai menyediakan transaksi cashless.

Pantai Bohay dan Restoran

Dengan segala potensi alam yang mempuni, masyarakat desa setempat telah mampu menunjukkan dan menggali potensi tersebut menjadi sebuah wisata yang menakjubkan. Wisata itu bernama Pantai Bohay dan memiliki resto di sekitarnya.

Tak sedikit wisatawan yang berkunjung di wisata tersebut. Selain untuk mencicipi masakan khas Binor, juga untuk memandang pesona alam yang mampu memikat mata pengunjung.

Selain keindahan alamnya, Desa Binor juga terkenal dengan kelezatan kuliner lokalnya. Restoran-restoran yang tersebar di sepanjang pantai menawarkan hidangan-hidangan khas yang menggoda selera. Dari hidangan laut segar hingga makanan tradisional Jawa yang lezat, Desa Binor menyajikan beragam pilihan kuliner yang memuaskan lidah setiap pengunjungnya.

Menghadirkan pengalaman bersantap yang tak terlupakan, restoran-restoran di Desa Binor juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari tepi pantai. Pengunjung dapat menikmati makanan favorit mereka sambil disuguhi pemandangan matahari terbenam yang mempesona, menciptakan momen yang romantis dan berkesan.

"Dana pembinaan yang diberikan oleh BRI kami gunakan untuk menambah fasilitas di lokasi wisata. Salah satunya membangun gazebo di sekitar pantai," ungkap Kepala Desa Binor, Hostifawati.

Selain itu, pelaku UMKM yang berada di desa tersebut juga cukup masif. Hampir setiap dusun memiliki produk unggulan, salah satunya camilan vegetarian IKM Citra Lestari yang lokasinya berada di Dusun Koloran.

"Selain bantuan dari BRI. Kami juga inten melakukan pembinaan klaster di desa itu, utamanya pada pelaku UMKM. Agar mereka bisa terus eksis dan mengembankan usahanya," kata Indrayana, Kapala Kantor Cabang BRI Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES