Ekonomi

7 Tips Mengatur Keuangan Selama Libur Lebaran 2024

Rabu, 10 April 2024 - 14:11 | 37.17k
Ilustrasi. Mengatur keuangan selama libur Lebaran. (Foto: ANTARA/HO/Pexels)
Ilustrasi. Mengatur keuangan selama libur Lebaran. (Foto: ANTARA/HO/Pexels)

TIMESINDONESIA, MALANGLibur Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga, merayakan bersama, dan berlibur. Namun, seringkali momen ini juga diiringi dengan pengeluaran yang besar, yang dapat mengganggu stabilitas keuangan Anda jika tidak diatur dengan baik. Untuk membantu Anda menjaga keseimbangan keuangan selama liburan, ini beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan, disarikan dari berbagai sumber.

1. Buat Anggaran Detail

Sebelum memulai liburan, buatlah anggaran yang terperinci untuk setiap kategori pengeluaran yang diperkirakan, termasuk transportasi, akomodasi, makanan, oleh-oleh, dan hiburan. Dengan memiliki anggaran yang jelas, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan menghindari pemborosan.

2. Pertimbangkan Alternatif Transportasi

Saat merencanakan perjalanan, pertimbangkan alternatif transportasi yang lebih ekonomis, seperti kereta api atau bus daripada pesawat terbang. Selain dapat menghemat biaya, menggunakan transportasi darat juga dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan.

3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Pantau diskon dan promo khusus Lebaran yang ditawarkan oleh berbagai merchant. Manfaatkan promo belanja online, diskon kartu kredit, atau cashback untuk memperoleh harga terbaik saat berbelanja kebutuhan liburan.

4. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Saat memesan akomodasi, pertimbangkan untuk menginap di hotel atau penginapan yang harganya lebih terjangkau. Anda juga dapat memanfaatkan platform pemesanan online yang menawarkan diskon khusus untuk liburan Lebaran.

5. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Untuk menghemat biaya, bawa bekal makanan dan minuman ringan selama perjalanan atau saat berwisata. Hal ini dapat mengurangi pengeluaran untuk makanan di luar, terutama di tempat-tempat wisata yang harganya cenderung lebih tinggi.

6. Beri Prioritas Pada Kebutuhan Utama

Fokuskan pengeluaran pada kebutuhan utama seperti makanan, transportasi, dan akomodasi, daripada membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Pertimbangkan kembali kebutuhan dan keinginan Anda sebelum melakukan pembelian.

7. Simpan Sebagian Dana untuk Kebutuhan Mendesak

Selalu sisihkan sebagian dana dari anggaran liburan Anda untuk kebutuhan mendesak atau keadaan darurat. Ini akan memberikan perlindungan finansial tambahan dan memberikan rasa aman selama liburan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES