Ekonomi

Program Makan Siang Gratis Rencananya untuk Anak Sekolah Hingga Lansia

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:48 | 25.50k
Kunjungan Deputi Ketahanan Pangan Kemenhan RI, didampingi Wabup Malang, Didik Gatot Subroto, melihat langsung aktivitas dan kebutuhan nelayan di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Sabtu (4/5/2024). (FOTO: Humas Prokopim)
Kunjungan Deputi Ketahanan Pangan Kemenhan RI, didampingi Wabup Malang, Didik Gatot Subroto, melihat langsung aktivitas dan kebutuhan nelayan di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Sabtu (4/5/2024). (FOTO: Humas Prokopim)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mayjen TNI Yos Trioso, dari Deputi Ketahanan Pangan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI mengungkapkan, program Makan siang gratis yang dijanjikan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, bakal diwujudkan tahun ini juga. 

"Sebisa mungkin, begitu Presiden RI terpilih dan dilantik, kegiatan (program) makan siang gratis ini bisa direalisasi. Makanya, kami di Komite Persiapan ini bekerja keras mewujudkan ketercukupan pangan, juga bahan bakunya tersedia, terpenuhi dari hasil panen sendiri," ungkap Mayjen Yos Trioso, dikonfirmasi, Sabtu (5/5/2024). 

Anak-Sekolah-Hingga-Lansia-2.jpg

Sebaliknya, kata Mayjen TNI Yos, jika hasil pangan petani lokal mencukupi, untuk mendukung program makan siang gratis tidak mengandalkan bahan pangan impor. 

"Selain tidak berlebih, dengan ketercukupan bahan pangan dari hasil dalam negeri ini, tidak akan membebani anggaran belanja (APBN/APBD)," tandasnya. 

Skema realiasasi pemenuhan makan siang gratis bagi rakyat Indonesia ini juga sudah disiapkan. Setidaknya, persiapannya dibangun dapur umum di setiap daerah atau ketersediaan bahan baku untuk menunjang makan gratis ini. 

Anak-Sekolah-Hingga-Lansia-3.jpg

Menurutnya, Kabupaten Malang sangat punya potensi mendukung kemandirian pangan dan rencana program makan gratis ini. Potensi hasil pangannya, bahkan diharapkan bisa mencukupi kebutuhan daerah lain di Jawa Timur atau provinsi lainnya. 

Untuk siapa program makan siang gratis dari pemerintah nantinya? Terkait hal ini, Mayjen TNI Yos Trioso menyatakan, setidaknya sementara diberikan kepada para pelajar sampai lansia. "Makan siang gratis minimal akan diberikan kepada siswa sekolah, ibu hamil, dan lansia," terangnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES