Ekonomi

Proyek Sky Brigde di Banyuwangi Bakal Jadi Jembatan Peningkatan Ekonomi Daerah

Jumat, 10 Mei 2024 - 12:22 | 19.24k
Kujungan Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Kujungan Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabar gembira datang bagi masyarakat Banyuwangi, akan adanya perencanaan proyek Sky Bridge penghubung antara stasiun kereta api dan pelabuhan Ketapang, diharapkan menjadi jembatan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jika siap mendukung pengembangan infrastruktur untuk mengkoneksikan potensi wisata Banyuwangi yang ujungnya dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan dibangunnya Sky Bridge penghubung antara stasiun kereta api dan pelabuhan Ketapang.

“Kabupaten produktif, seperti Banyuwangi ini pasti sering kita kunjungi dan kita pikirkan konektivitas potensi-potensi yang ada,” kata Menteri Budi saat disambut Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, (10/5/2024).

Saat kunjungannya, pada Kamis (9/5/2024), Budi mengaku, dukungannya kepada Banyuwangi karena mengapresiasi berbagai prestasi yang diraih Banyuwangi di level nasional hingga internasional. 

"Saya juga paling sering ke sini. Karena apa? Di sini punya daya tarik wisata dan bisa jadi contoh bagi kabupaten atau daerah yang lain," kata Menhub.

Menhub juga menerangkan, tugas utama Kemenhub adalah mengkoneksikan potensi-potensi yang ada di tiap wilayah. Banyuwangi sendiri dinilai sebagai daerah yang potensi pariwisatanya dioptimalkan dengan baik oleh pemerintah daerahnya sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Salah satu proyek infrastruktur yang akan didorong percepatannya adalah rencana pembangunan Sky Bridge yang menghubungkan Stasiun Banyuwangi Baru dan Pelabuhan ASDP Ketapang. Skybridge tersebut merupakan jembatan penghubung yang akan mempermudahan perpindahan wisatawan dari moda transportasi kereta api ke kapal laut.

“Saat ini desain sky bridge sudah selesai, yang merancang Andramatin. Namun pembangunannya ranah Kementerian PUPR. Kami akan buatkan nota ke Pak Mentri PUPR untuk mempercepat proses pembangunannya. Jadi nanti ada sky bridge juga terminal VVIP,” cetus Menhub.

Selain itu, Menhub Budi juga mendukung perpanjangan relasi kereta api ke Banyuwangi  yakni rute Banyuwangi-Jakarta pp. Menurut Menhub hal ini bisa menambah potensi kunjungan wisatawan menuju Banyuwangi.

Sementara itu Bupati Ipuk menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenhub untuk pembangunan Sky Bridge antara Stasiun KA Banyuwangi Baru dan ASDP Ketapang.

"Alhamdulillah, saat ini juga sedang direnovasi Stasian Banyuwangi Kota untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Renovasi stasiun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan," kata Ipuk. 

“Terima kasih pada Kemenhub atas dukungan pada semua infrastruktur transportasi di Banyuwangi. Termasuk untuk dukungan pada pengembangan Bandara Banyuwangi yang sudah berhasil meraih penghargaan arsitektur dunia, Aga Khan Award,” kata Ipuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES