Ekonomi

Ratusan Warga Pakel Penuhi Kantor Desa Antri Daftar Jadi Mitra Perkebunan

Jumat, 10 Mei 2024 - 16:17 | 18.75k
Ratusan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, rela antri untuk menjadi mitra perusahaan perkebunan PT Bumisari. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Ratusan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, rela antri untuk menjadi mitra perusahaan perkebunan PT Bumisari. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI

Ratusan warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, tumpah ruah memenuhi kantor desa setempat, Jumat (10/5/2024).

Berkumpul sejak pagi, mereka rela antri untuk mendaftar menjadi mitra perusahaan perkebunan PT Bumisari Maju Sukses (PT Bumisari). Atau dengan kata lain, perkebunan dan warga akan menjadi kesatuan yang tentunya bakal menjadi pendorong percepatan kemajuan Desa Pakel. "Kami rela antre karena kami sangat senang dengan terobosan ini," ucap Mu'arif, salah satu warga.

Pendaftaran mitra perkebunan ini disaksikan oleh jajaran Pemerintah Desa Pakel. Polsek Licin, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono beserta jajaran.

Untuk diketahui, solusi kerjasama antara masyarakat Desa Pakel dengan perusahaan perkebunan milik Goenawan Soegondo, ini dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Sebagai inisiator adalah Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono.

Dalam ikatan kerjasama, warga berhak atas manfaat atas keberadaan pelaku investasi perusahaan perkebunan di wilayah desa mereka.

Pertama, warga mendapat tali asih dari PT Bumisari. Kedua, masyarakat juga punya kesempatan untuk ikut bekerja merawat tanaman komoditi perkebunan.

Warga pun bisa  melakukan aktivitas pertanian dibawah tegakan atau dibawah pohon dil ahan milik negara di wilayah Sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) PT Bumisari.

Dan selanjutnya, hubungan simbiosis mutualisme antara perkebunan dan warga Desa Pakel, ini akan diperkuat dengan akta Notaris. "Hubungan baik seperti ini yang lama kami tunggu. Kami ingin hidup rukun, damai dan tentram," cetus Mu'arif.

Pengakuan yang sama ikut dilontarkan Sarno, warga Dusun Taman Glugo, Desa Pakel. Sambil berada di dalam kerumunan warga antre, dia mengaku senang bisa dijembatani Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, sehingga bisa mendapat manfaat atas keberadaan perusahaan perkebunan di desa setempat.

"Semoga masyarakat Desa Pakel, semakin sejahtera. Hidup rukun dan damai," ucap Sarno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES