Ekonomi

Pemkab Jember Teken Kerja Sama dengan SRC, Tingkatkan Perekonomian UMKM

Sabtu, 11 Mei 2024 - 16:09 | 22.02k
Bupati Jember Hendy Siswanto dalam acara Jambore SRC di Kecamatan Pakusari. (Foto: M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Bupati Jember Hendy Siswanto dalam acara Jambore SRC di Kecamatan Pakusari. (Foto: M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERPemkab Jember menandatangani perjanjian kerja sama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan perusahaan rokok ternama, Sampoerna melalui Sampoerna Retail Community (SRC), Sabtu (11/5/2024).

Penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan acara Jambore SRC dalam rangka Ulang Tahun ke-16 SRC yang digelar di Seger Nusantara, Kecamatan Pakusari, Jember.

Dijelaskan bahwa kerja sama dua pihak tersebut merupakan salah satu wujud dukungan pemerintah daerah kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Suwar-Suwir tersebut melalui pembinaan usaha.

"Jadi Jambore SRC ini adalah satu komunitas yang sudah cukup lama, yakni sudah 16 tahun dan ini binaan dari Sampoerna dan seluruh Indonesia," kata Bupati Jember Hendy Siswanto saat dijumpai di lokasi acara.

Hendy menjelaskan, untuk meningkatkan perekonomian UMKM, pihaknya perlu melakukan sejumlah langkah, diantaranya digitalisasi, pelatihan penjualan, pengelolaan keuangan, dan sebagainya.

"Dan ini di Jember ada SRC seperti ini, saya baru sekarang ini, sebenarnya kami sudah bertemu dulu tahun 2021, cuma tidak ada tindak lanjutnya. Sebab UMKM kita ini adalah kekuatan ekonomi besar kita di Kabupaten Jember," jelasny

"Dan sekarang ini kami tindak lanjuti karena di sini menaungi ke para pedagang kelontong dan ini kesempatan buat kita untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat," tambahnya. 

Dia berharap, kerja sama tersebut benar-benar bermanfaat bagi pelaku UMKM di Jember.

"Nanti kami bisa mengembangkan bersama-sama dan di situ SRC ternyata sangat istimewa perannya di UMKM, dimana memberikan lima poin. Pertama tentang pelatihan kewirausahaan, pengelolaan keuangan, marketing dan menjaga tempat tetap sehat dan bersih," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES