Ekonomi

Pj Wali Kota Batu Iming-Iming Wisatawan dan Investor Malaysia

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:03 | 14.12k
Aries saat memberika paparan dalam Tourism Promotion Organization (TPO) Regional Meeting tahun 2024 di Kuantan City, Malaysia. (Prokopim Kota Batu for TIMES Indonesia)
Aries saat memberika paparan dalam Tourism Promotion Organization (TPO) Regional Meeting tahun 2024 di Kuantan City, Malaysia. (Prokopim Kota Batu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Kesempatan mengikuti Tourism Promotion Organization (TPO) Regional Meeting tahun 2024 di Kuantan City, Malaysia dimanfaatkan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Batu.

Didepan peserta dari berbagai negara, Aries memaparkan beragam potensi wisata Kota Batu yang didukung 137 akomodasi, dengan 257 pelaku jasa pariwisata, 1278 aneka kuliner (restoran, cafe dan usaha kuliner lain, serta 47 destinasi tujuan wisata baik alam maupun buatan). 

Aries juga menceritakan 17 sub sektor yang dimiliki dan beragam potensi kebudayaan.

"Pada Triwulan IV Tahun 2023, kunjungan wisatawan mencapai 10.116.570, dengan wisatawan mancanegara mencapai 10.821 orang. Dan tentunya menjadi tantangan di Tahun 2024 ini dengan kenaikan sebesar 11 hingga 12 juta wisatawan dengan grafik yang terus naik," ujar Aries.

Aries mengatakan bahwa perputaran uang di kota ini diperkirakan tembus Rp 215 miliar dengan rata-rata pengeluaran wisatawan berkunjung Rp. 1.8 juta/orang.

Kondisi ini memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Kota Batu pada tahun 2023 yang mencapai 6.19 persen, didukung dengan lapangan usaha jasa lainya mengalami pertumbuhan paling tinggi sebesar 9.92 persen.

TPO-2.jpg

Sedangkan untuk Nilai Investasi Pemerintah Kota Batu Tahun 2023 dari target Rp. 700 miliar, tercapai realisasi sebesari Rp. 1.53 Triliun dengan 19 penanaman modal asing (PMA) dan 102 penanaman modal dalam negeri (PMDN). 

Tahun 2024 pada kuartal pertama investasi di Kota Batu jika dibandingkan year on year dengan tahun 2023 naik 28,9 persen atau sebesar Rp. 437.5 miliar.

"Pemerintah Kota Batu akan terus memberikan dukungan dan kemudahan untuk investasi, terutama di sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM, demi mendukung visi dan misi pembangunan daerah. Kota Batu memiliki daya tarik yang kuat bagi para investor, terutama dalam sektor perdagangan, industri, pariwisata, dan akomodasi," jelas Pj. Aries.

Pj. Aries juga mempromosikan beberapa event berskala internasional, seperti International Hiking Mount Arjuna, Batu International Tourism Paragliding Festival, Sendratari Arjuna Wiwaha dan Bantengan Nuswantara yang seiring sejalan dengan perkembangan ekonomi kreatif, dan agrowisata.

TPO Regional Meeting 2024 for Malaysian Members di Kuantan City, Malaysia, akan berlangsung hingga hari ini 14 Mei 2024. Dihadiri oleh lebih dari 150 tamu undangan dari berbagai daerah di Negara Malaysia serta dihadiri langsung Secretary Jenderal TPO Woo Kyoung-ha, Mayor of Kuantan City: Dato’ Razihan bin Adzharuddin, Mayor of Kampar, Mr. Ahmad Suqairy bin Alias, Tuan setiausaha Haji Nizam Kuantan City Council, dan pengarah motac pahang, encik mohd farid. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES