Ekonomi

Lembaga Demografi FEB UI Rilis Hasil Studi Mendalam Terkait Dampak Internet Telkomsel, Begini Hasilnya

Kamis, 16 Mei 2024 - 17:30 | 14.07k
LD FEB UI meluncurkan hasil studi komprehensif bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia” yang dilakukan di Jakarta Selatan. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)
LD FEB UI meluncurkan hasil studi komprehensif bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia” yang dilakukan di Jakarta Selatan. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) hari ini meluncurkan hasil studi komprehensif bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia”. 

Studi yang dilaksanakan selama periode kuarter 3 tahun 2023 hingga kuarter 1 tahun 2024 ini menggabungkan metodologi kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur secara mendalam dampak positif internet Telkomsel terhadap lanskap ekonomi digital Indonesia.

Temuan utama studi ini menggarisbawahi peran krusial operator selular khususnya Telkomsel dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Riset dan studi terhadap dampak Telkomsel sebagai salah satu operator penyedia layanan telekomunikasi broadband di Indonesia tentu diharapkan dapat mewakili dalam upaya menguji dan memvalidasi peran penting dan strategis kehadiran operator telekomunikasi bagi pembangunan. 

Penyediaan akses internet oleh Telkomsel terbukti menghasilkan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, mencapai 1,6% di tahun 2023. 

Lebih lanjut, penelitian ini mengungkapkan dampak positif infrastruktur telekomunikasi Telkomsel yang semakin mumpuni terhadap peningkatan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita di berbagai kabupaten/kota di Indonesia.

Analisis Mendalam Dampak Positif Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia Studi LD FEB UI menyingkap beberapa temuan penting terkait dampak positif internet Telkomsel, di antaranya:

Pertama, peningkatan PDRB per Kapita: Peningkatan payload Telkomsel di suatu kabupaten/kota sebesar 100 TB mampu meningkatkan rata-rata PDRB per kapita di wilayah tersebut sebesar 1,7 miliar rupiah.

Kedua, pertumbuhan Pengguna dan Dampaknya: Peningkatan jumlah pengguna Telkomsel di suatu kabupaten/kota disetiap 1.000 pengguna dapat meningkatkan rata-rata PDRB per kapita di wilayah tersebut hingga mencapai 8,6 miliar rupiah.

Peran Vital Telkomsel dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha

Penelitian ini juga menyoroti peran penting operator selular khususnya Telkomsel dalam memberdayakan pelaku usaha di era digital. 

Penetrasi internet Telkomsel mendukung pelaku usaha untuk terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan social-commerce dan telah membuka peluang baru bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas yang secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan pendapatan mereka. 

Studi ini menemukan bahwa rata-rata penjualan pelaku usaha melalui e-commerce dan social-commerce mencapai 36,1% dan 44,7% dari total penjualan mereka.

Lebih lanjut, penggunaan internet Telkomsel membawa berbagai manfaat bagi pelaku usaha, seperti:

Pertama, peningkatan Pendapatan Usaha: Pelaku usaha yang memanfaatkan internet Telkomsel mengalami peningkatan pendapatan usaha hingga 50%.

Kedua, perluasan Jangkauan Pasar: Penggunaan internet Telkomsel membantu pelaku usaha memperluas jangkauan pasar (market expansion) hingga 2x lipat.

Ketiga, peningkatan Omzet Usaha: Pelaku usaha yang memiliki kecepatan internet di atas 30 Mbps mencatat pendapatan bersih 15 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kecepatan internet kurang dari 1,5 Mbps. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES