Ekonomi

Satgas TMMD Kodim Batam dan Dinas UMKM Beri Penyuluhan Ekonomi kepada Warga

Kamis, 16 Mei 2024 - 21:24 | 14.09k
Dinas UMKM Batam dan Satgas TMMD memberi penyuluhan kepada pelaku UMKM. (Foto: Kodim Batam)
Dinas UMKM Batam dan Satgas TMMD memberi penyuluhan kepada pelaku UMKM. (Foto: Kodim Batam)

TIMESINDONESIA, BATAM – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak hanya melaksanakan pembangunan sasaran fisik, tetapi juga melaksanakan program sasaran nonfisik. 

Sasaran non fisik yang dilaksanakan Satgas TMMD ke-120 Kodim 0316/Batam yang saat ini dilakukan, Kamis (16/5/2024) adalah penyuluhan UMKM kepada masyarakat di Kavling Bukit Pelita Indah, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepri.

Kepala Dinas UMKM Kota Batam Hendri Arulan selaku narasumber menyampaikan bahwa, Usaha Kecil Menengah (UKM) atau istilah lainnya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan modal kecil bagi siapapun yang ingin memulai usaha.

Selain itu, usaha UMKM tersebut juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan, dan lainnya. Dengan modal kecil, UMKM bisa dilakukan dari rumah sendiri dulu. "Inilah yang memunculkan banyaknya ‘home industri’ atau industri rumahan. Jika digeluti dengan baik dan tekun, tentu UMKM bisa menjadi bisnis dengan penghasilan besar,” katanya.

Dengan keterbatasan modal, banyak pelaku usaha yang memulai bisnis dari kecil dengan pengelolaan seadanya dan keahlian terbatas membuat laju pertumbuhan UKM biasanya tidak terlalu cepat. Namun, ada pula yang kemudian menjadi besar dan menghasilkan profit yang lumayan.

Oleh karena itu, bisnis UKM menjadi pilihan masyarakat untuk keluar dari situasi ekonomi yang berat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES